A02

Yuk, Kenali Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A02!

Diposting pada

Di era pandemi saat ini banyak orang melakukan aktivitasnya di rumah, terutama para pelajar yang harus melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Hal ini berimbas dengan penggunaan ponsel pintar yang semakin intens digunakan untuk menunjang proses PJJ tersebut.

Ponsel pintar dengan spesifikasi mumpuni dan harga terjangkau jelas kini menjadi incaran para orangtua, untuk diberikan dan digunakan anaknya supaya tetap bisa mengikuti kegiatan PPJ secara online.

Berbicara soal ponsel pintar dengan harga terjangkau dan memiliki spesifikasi yang jempolan, tentunya Samsung menjadi solusinya. Pasalnya di akhir Januari 2021, vendor ponsel pintar ternama ini baru saja merilis produk terbarunya bernama Samsung Galaxy A02.

Perangkat yang masuk ke jajaran seri A ini bangun memiliki desain kekinian dengan dibalutkan bagian depan dari bahan kaca, sementara area bingkai dan cangkangnya terbuat dari plastik.

Mengingat masuk ke ponsel entry-level, perangkat yang hadir dalam pilihan warna hitam, merah, dan biru ini dipatok dengan harga cukup terjangkau yakni Rp1,49 juta per unit. Namun, apa saja yang ditawarkan oleh Samsung Galaxy A02? Nah, lebih baiknya kamu baca terlebih dahulu spesifikasinya di bawah ini:

Spesifikasi Samsung Galaxy A02

  • Rilis: Januari, 2021
  • Layar: Layar sentuh kapasitif PLS IPS, 6,5  inci
  • Chipset: Mediatek MT6739W
  • GPU: PowerVR GE8100
  • RAM: 3 GB
  • Memori Internal: 32 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 13 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 5 MP
  • Baterai: Li-Po 5000 mAh tidak dapat dilepas

Kelebihan Samsung Galaxy A02

Setelah kamu membaca spesifikasi dari Samsung Galaxy A02 di atas, tentunya sekarang bertanya-tanya tentang kelebihan Samsung Galaxy A02 dibandingkan dengan ponsel pintar yang berada di kelas yang sama. Supaya kamu tidak tambah penasaran, langsung saja simak poin-poin berikut ini mengenai kelebihan dari Samsung Galaxy A02. Yuk, dibaca sampai tuntas!

1. Kehadiran Teknologi Dolby Atmos Audio

Bagi kamu yang sering melakukan video conference (rapat atau presentasi), dijamin akan senang dengan kehadiran fitur Dolby Atmos Audio di Samsung Galaxy A02. Dolby Atmos merupakan salah satu implementasi dari teknologi surround sound, memungkinkan untuk menghasilkan kualitas suara yang optimal dan kamu akan merasakan sensasi sinematik 3D.

Tidak hanya itu, lewat fitur Dolby Atmos kamu bisa mendapatkan pengalaman audio yang beraneka ragam pada Samsung Galaxy A02. Kamu akan dimanjakan dengan alunan Dolby Atmos Audio saat menjalankan aplikasi musik, bermain gim, menonton film, hingga mendengarkan FM Radio.

2. Andalkan Kapasitas Baterai Jumbo

baterai 5000 mah Khawatir kalau saat nge-Zoom atau main gim tiba-tiba baterainya habis? Ini mungkin tidak akan berlaku pada Samsung Galaxy A02, pasalnya perangkat ini telah ditanamkan baterai Li-Po berkapasitas jumbo yaitu 5.000 mAh (miliampere hour).

Dengan terobosan tersebut, sudah pastinya akan membuat Samsung Galaxy A02 mendapatkan gelar ponsel Android tingkat pemula yang bisa tahan lama lebih dari 12 jam. Dengan demikian, penggunanya tidak perlu bulak-balik untuk mengisi daya setiap saat. Kamu bisa nyaman dan tenang saat menonton drama Korea (DraKor), bermain gim atau melakukan video conference.

3. Bodi Tipis dengan Layar yang Luas

Untuk memanjakan para penggunanya saat menjalankan aktivitas, Samsung Galaxy A02 hadir dengan layar bertipekan PLS IPS yang besar nan luas berukuran 6,5 inci atau berasio layar-ke-bodi ~81,9%. Sementara, untuk resolusinya sendiri lumayan bagus dengan kemampuan 720 x 1600 piksel dan mempunyai rasio 20:9 berkerapatan 270 ppi.

Dengan teknologi layar tersebut, perangkat besutan Samsung ini mampu merender gambar dan menyuguhkan visualisasi yang lebih nyaman dilihat dengan tingkat kejernihan yang cukup mumpuni. Pengguna pun bisa lebih leluasa menonton video, presentasi online, hingga menjalankan aplikasi permainan.

Selain layar yang luas, juga Samsung Galaxy A02 menyuguhkan bodi yang slim dengan dimensi 164 x 75.9 x 9.1 mm dan bobot 206 gram. Pada bagian belakangnya, dibenamkan kamera utama yang berada di sisi kiri atas secara vertikal.

Sementara, untuk area depannya ada poni sebagai tempat bermukimnya kamera selfie. Secara keseluruhan, perangkat ini memiliki tampilan yang stylish dan dibumbui dengan kesan modern.

4. Fitur Bluetooth Lebih Kencang

Bluetooth Poin ini bisa dibilang kelebihan lain dari Samsung Galaxy A02 yang mungkin tidak pernah terduga sebelumnya. Perangkat ini hadir dengan membawa tiga jenis Bluetooth sekaligus yakni 5.1, A2DP, dan LE. Seperti yang kita tahu, kalau Bluetooth 5.1 adalah versi terbaru yang telah mengalami peningkatan dari versi sebelumnya.

Versi 5.1 memiliki kemampuan pencarian arah opsional atau melacak perangkat lain lebih akurat yang hanya terpaut jarak beberapa sentimeter dari lokasi aslinya. Lalu, Bluetooth 5.1 dapat digunakan untuk meningkatkan ketepatan pelacakan posisi secara indoor, tanpa terkecuali dalam hal navigasi.

Samsung Galaxy A02 juga memiliki Bluetooth A2DP, yang memungkinkan perangkat bisa terhubung secara nirkabel ke headset stereo Bluetooth dan mengirimkan audio atau musik.  Sementara itu, Bluetooth LE (Low Energy) adalah generasi terbaru dari Bluetooth klasik yang dapat mentransfer data dengan konsumsi energi listrik jauh lebih kecil.

5. Dapur Pacu Mumpuni

Kamu tentunya tidak ingin punya ponsel yang lelet, bukan? Hal tersebut mungkin tidak akan terjadi bila kamu menggunakan Samsung Galaxy A02. Pasalnya perangkat ini telah dibekali dengan chipset Mediatek MT6739W (28 nm).

Keunggulan dari chip tersebut mempunyai kontrol daya maksimal untuk mengatur konsumsi daya secara efisien tanpa mengurangi performa dari tiap komponen. Tidak heran kalau perangkat ini mengklaim mampu memberikan sistem performa yang mumpuni.

Untuk menyuguhkan jaminan kinerja program secara lebih ideal, Samsung Galaxy A02 juga telah ditanamkan CPU Quad-core yang terbuat dari inti Cortex-A53 dengan memiliki clock speed hingga 1.5 GHz. Sementara, untuk mendukung pengolahan grafis perangkat ini memasangkan GPU PowerVR GE8100, yang akan membuat tampilan tajam.

Beralih ke sistem operasi, model Samsung ini telah disusupkan sistem operasi Android 10 dipadukan dengan antarmuka One UI 2.0. Dengan demikian, para pengguna akan bertemu dan merasakan berbagai fitur teranyar yang mudah dioperasikan. Antarmuka ini dirancang supaya dapat digunakan untuk satu tangan dan lebih nyaman dipandang oleh penggunannya.

Kekurangan Samsung Galaxy A02?

Sebenarnya ada gak sih kekurangan dari Samsung Galaxy A02? Yap, yang namanya ponsel pintar pasti ada saja kekurangan yang dibawanya, kendati menamakan dirinya “pintar”. Namun, apakah kekurangan dari perangkat ini sangat signifikan dan menonjol? Carisinyal telah merangkumnya untuk kamu beberapa poin dari kekurangan Samsung Galaxy A02 berikut ini:

1. Tidak Menunjang Teknologi NFC

NFC Samsung Bila kamu tengah mencari ponsel pintar dengan fitur NFC, tampaknya Samsung Galaxy A02 bukanlah jawabannya. Yap, sayangnya ponsel Samsung terbaru ini tidak dilengkapi dengan NFC atau Near field communication. Menyadur dari Tech Radar, NFC merupakan fitur yang mampu melakukan transfer berkas atau data dari satu perangkat ke perangkat lain secara nirkabel.

Padahal jika Samsung Galaxy A02 mempunyai fitur NFC, pengguna perangkat ini akan mendapatkan berbagai kemudahan seperti dapat mengecek dan mengisi saldo e-money, menandai lokasi, mentransfer file, melakukan transaksi digital atau mendukung pembayaran cashless.

2. Konfigurasi Kamera Standar

Saat kamu memutuskan untuk memboyong Samsung Galaxy A02, pastikan untuk tidak terlalu menaruh ekspektasi tinggi pada kameranya. Konfigurasi kamera yang dimiliki oleh Samsung Galaxy A02 bisa terbilang standar untuk di kelasnya. Namun, jangan khawatir kualitas gambar yang dihasilkan cukup memuaskan mata, kok!

Kamera utama pada Samsung Galaxy A02 memiliki dua lensa yakni lensa utama berukuran 13 MP dengan aperture F1.9 dan lensa makro beresolusi 2 MP dengan aperture F2.4, posisinya menjajar vertikal dilengkapi dengan lampu flash di bawahnya. Sementara, kamera depannya berada di tengah layar dengan resolusi 5 MP dan aperture F2.0.

3. Fitur Sensor yang Minim

sensor sidik jari oneplus 7T

Sayang sekali! Ponsel keluaran terbaru ini tidak mendapatkan asupan fitur sensor yang banyak, bahkan harus kehilangan sensor sidik jari yang kini lagi marak diaplikasikan di berbagai ponsel pintar.

Akan tetapi kamu tidak perlu khawatir! Untuk mengakali ketidakhadiran sensor sidik jari pengguna bisa memperkuat sistem keamanan dengan menggunakan pola atau kata sandi yang bisa diatur secara manual di perangkat. Sebagai pelipur lara para pengguna, Samsung Galaxy A02 mempunyai sensor proximity dan accelerometer.

Sensor proximity berguna sebagai pengaman layar sentuh dari sentuhan yang dilakukan tidak disengaja. Sedangkan, sensor accelerometer digunakan untuk mengukur kecepatan suatu benda atau objek dan mampu mengubah tampilan layar dari landscape ke portrait maupun sebaliknya.

Simpulan

Secara keseluruhan Samsung Galaxy A02 lebih banyak menawarkan berbagai keunggulan yang dapat memanjakan para penggunanya seperti kehadiran Bluetooth 5.1, teknologi Dolby Atmos Audio, hingga sumber daya baterai yang melimpah.

Tidak hanya itu, performanya juga sangat mendukung berbagai aktivitas dengan tampilan antarmuka yang sederhana dan nyaman digunakan. Sementara, kekurangan dari ponsel ini tampaknya tidak terlalu mencolok.

Demikianlah pemaparan mengenai kelebihan dan kekurangan dari Samsung Galaxy A02, gimana kamu tertarik untuk membelinya? Semoga artikel Carisinyal ini dapat memberikan manfaat dan tentunya membantu kamu yang tengah mencari ponsel pintar. Terus ikuti Carisinyal untuk mendapatkan informasi terbaru tentang dunia gadget, yah!