Waspadai Tanda – Tanda Iritasi Kulit Akhir Penggunaan Skin Care Yang Tidak Cocok

Diposting pada

Penggunaan produk sebagai perawatan kulit wajah atau skin care memang menjadi kebutuhan setiap perempuan. Hal ini tentunya sebagai salah satu cara untuk menutrisi kulit wajah supaya tampak sehat. Namun, tidak semua perempuan cocok memakai suatu produk skin care, lho. Pengaruh jenis dan permasalah kulit yang dimiliki mampu jadi pemicu bahwa kau tidak cocok. Sebelum terlambat dan memperparah kondisi kulit, yuk kenali tanda-tandanya berikut ini:

1. Kulit wajah terasa gatal dan kering

Salah satu tanda bahwa kulitmu tidak cocok dengan produk skin care adalah timbulnya rasa gatal dan kulit terasa kering. Hal ini membuktikan bahwa kulit wajahmu sensitif dengan produk yang mengandung fragrance. Pilihlah produk yang mempunyai label fragrance-free yang lebih kondusif digunakan, terutama untuk kau yang mempunyai kulit sensitif.

2. Kulit wajah memerah

Kandungan materi pengawet, wewangian, dan asam akrilat dalam produk skin care mampu menjadi penyebab timbulnya kemerahan pada kulit wajah. Kandungan retinol dalam skin care juga bisa menjadi pemicu kemerahan di wajah. Jika kau mempunyai tanda-tanda ini, segera hentikan pemakaian skin care dan periksa ke dokter, ya! Karena jika didiamkan tanpa penanganan segera, mampu menyebabkan alergi yang lebih serius.

3. Kulit wajah terasa terbakar

Rasa panas dan perih seakan terbakar, maka itu tandanya kamu tidak cocok dengan produk skin care. Untuk menghindari kemungkinan yang lebih buruk mirip kulit mengelupas, maka segera hentikan pemakaian semoga tidak menyiksa kulitmu.

4. Kulit wajah bruntusan

Beruntusan merupakan bintik-bintik jerawat kecil yang seringkali muncul akhir seringnya gonta-ganti produk skin care. Hal ini dikarenakan adanya penyumbatan pori-pori yang disebabkan oleh sel-sel kulit mati, minyak berlebih, atau kandungan silikon dalam skin care. Jangan asal coba produk skin care, ya. Alangkah baiknya untuk melaksanakan tes terlebih dahulu di bagian kulit tubuh seperti belakang leher dan berikan jeda beberapa hari kalau ingin mengganti satu produk ke produk lainnya.

5. Kulit wajah terasa kencang dan tertarik

Kulit wajah akan terasa kencang dan tertarik kalau kamu salah memakai sabun pencuci wajah. Produk yang tidak sesuai tersebut akan menciptakan wajahmu kering dan pori-pori tampak lebih besar. Kamu mampu mengganti sabun pencuci wajah yang memiliki pH seimbang untuk  menjaga kelembaban.

Jika kamu mengalami salah satu gejala di atas, segera hentikan pemakaian produk skin care, ya! Selanjutnya, kamu harus lebih teliti dalam menentukan produk dan kenali dulu jenis kulitmu.

(Amel, foto: Pinterest)