Wanita – Wanita Berhijab Yang Menjadi Sorotan Dunia

Diposting pada

Mengenakan hijab tak lantas menciptakan seseorang menjadi dibatasi dalam geraknya. Siapapun mampu menjadi orang yang berprestasi meskipun berhijab. Tahu kah kamu, bahwa ternyata banyak lho wanita berhijab yang berprestasi di dunia? Berikut daftar yang telah Lifestyle rangkum:

1. Kubra Dagli

Wanita berhijab asli Turki, Kubra Dagli, menjadi perbincangan masyarakat dunia sebab menang dalam kejuaraan taekwondo dunia. Dalam ajang World Championship yang diselenggarakan di Lima, Peru. Hal ini tentunya menjadi bukti bahwa menjadi wanita berhijab bukan halangan dalam berprestasi di bidang olahraga.

2. Ilhan Omar

Nama Ilhan Omar merupakan sosok wanita berhijab yang inspiratif di Amerika. Sebab, beliau terpilih menjadi calon anggota dewan perwakilan rakyat Amerika Serikat. Mantan pengungsi Somalia itu merupakan wanita muslim berhijab pertama yang menduduki dingklik palemen. Ia aktif dalam banyak sekali organisasi perjaka, masakan, sampai ekonomi. Ia juga aktif untuk menjunjung tinggi keadilan rasial serta komunitas sosial lainnya.

3. Halima Aden

Sosok Halima Aden merupakan wanita berhijab pertama yang mengikuti kontes kecantikan di Amerika Serikat. Halima berhasil menjadi salah satu penerima di kontes kecantikan Miss Minnesota USA pada final tahun 2016. Meskipun wanita berdarah Somalia itu hanya hingga pada tahap semifinal. Namun, kegagalannya tersebut membawanya ke agensi model Internasional, IMG. Setelah sebelumnya dipercaya Kanye West untuk membawakan karya terbarunya dalam koleksi Yeezy Season 5 di New York Fashion Week (NYFW).

4. Noor Tagouri

Noor Tagouri yakni seorang muslimah asal Amerika Serikat. Ia berprofesi sebagai jurnalis di jaringan video gosip Newsy. Nama Noor menjadi pembicaraan publik dunia alasannya adalah dia merupakan perempuan berhijab pertama yang tampil dalam majalah Playboy. Noor tampil dalam edisi Renegades bulan Oktober dengan mengenakan jaket kulit, celana jeans dan sepatu olahraga. Wanita berdarah Amerika-Arab ini bertujuan untuk menentang anggapan bahwa wanita Muslim bersikap “selalu mendapatkan” atau “tertekan” sebab memakai jilbab.

5. Stephanie Kurlow

Remaja berusia 15 tahun asal Rusia, Stephanie Kurlow dikenal sebagai ballerina pertama berhijab di dunia. Perjuangannya tentunya tidak mudah, dimulai dari melaksanakan kampanye dan penggalangan dana di situs projek pengumpulan uang untuk masyarakat muslim yang menginspirasi, LaunchGood. Hal ini dilakukan untuk mampu memperoleh uang 10.000 AUD atau sekitar Rp 100 jutaan untuk menunjukan bahwa agama tidak menjadi penghalang meraih kesuksesan di bidang balet. Perjuangannya pun tak sia-sia, penggalangan dana itu sukses meraih angka 75.000 AUD atau sekitar 750 juta yang lalu ia gunakan untuk masuk ke sekolah balet dan membawanya lebih erat untuk menjadi penari balet profesional.

6. Ayesha Faruq

Ayesha Faruq mencuri perhatian dunia pada tahun 2013 kemudian alasannya adalah menjadi pilot pesawat tempur di Pakistan. Ayesha tetap memakai hijab ketika mengendarai pesawat tempur tersebut, dengan hijab berwarna army yang mencirikan seragam militer. Ia menjadi pilot setelah berhasil lulus ujian simpulan dan memenuhi syarat untuk menerbangkan pesawat tempur di Pakistan. Meskipun sempat dilarang oleh orang tuanya, Ayesha tetap memiliki tekad yang besar lengan berkuasa untuk sukses, sekarang kedua orang tuanya mendukung penuh keinginan anaknya tersebut.

7. Sana Hamze

Tak jauh berbeda dengan Ayesha, Sana Hamze juga menjadi wanita berhijab pertama yang menjadi murid militer di Amerika Serikat. Tepatnya di Corps of Cadets, Norwich University, Northfield, Amerika Serikat. Universitas tersebut mengubah peraturannya dan mengijinkan muridnya untuk mengenakan hijab.

8. Chahida Chekkafi

Menjadi wasit pertandingan sepak bola bagi lelaki nampaknya sudah menjadi hal biasa, ya. Namun, anggapan tersebut bisa dipatahkan oleh Chahida Chekkafi, wasit berhijab pertama di Italia. Chahida pernah memimpin pertandingan tim dari liga non-profesional di Italia, San Luigi melawan Karimou Stravedar. Presiden Asosiasi Wasit di Milan, Marcello Nicchi, menyebut Chahida sebagai wanita muda bertalenta.

9. Ginella Massa

Ginella Massa menjadi pembawa acara televisi pertama yang berhijab di Kanada. Wanita asal Panama ini merupakan presenter utama di stasiun televisi Kanada, CityNews. Selama bekerja di media tersebut, Ginella merasa selalu dihargai akan haknya dalam berpakaian tertutup.

10. Anniesa Hasibuan

Desainer busana muslim asal Indonesia ini sempat menjadi sorotan dunia. Hal tersebut terjadi alasannya banyak media ajaib yang mengklaim Anniesa sebagai desainer pertama yang menampilkan hijab pada keseluruhan koleksinya saat New York Fashion Week (NYFW) Spring/Summer 2017. Anniesa menghadirkan 48 koleksi bertajuk D’Jakarta, dirinya banyak diberitakan media internasional karena dianggap berhasil mencetak sejarah.

Semoga menjadi pandangan baru kau, ya! Raihlah cita-citamu dan jangan jadikan hijab sebagai halangan untuk maju.

(Amel, sumber foto: Pinterest)