Tips Merawat Rambut Bagi Kamu Yang Berhijab

Diposting pada

Banyak orang yang beropini bahwa rambut orang yang berhijab cenderung terhindar dari kerusakan karena terlindung dari sinar matahari eksklusif dan cuaca ekstrem. Namun, nyatanya rambut para hijabers perlu perhatian khusus loh. Karena rambut yang tertutup hijab setiap hari rentan terhadap problem mirip ketombe dan kerontokan. Berikut ini beberapa tips yang bisa diterapkan dalam merawat rambut kamu:

1. Pilih sisir yang sempurna

Untuk mencegah terjadinya rambut kusut dan mengurangi kerontokan akibat rambut patah, kamu perlu rutin menyisir rambut kau minimal dua kali sehari. Lalu pilihlah sisir yang sempurna, adalah sisir yang memiliki rongga sedang. Sehingga, rambut akan terhindar dari kerontokan akibat patah. Selain itu, dengan menyisir rambut bisa membantu peredaran darah di kulit kepala. Kaprikornus, jangan malas untuk menyisir rambut, ya!

2. Gunakan shampo khusus

Penggunaan shampo perlu diperhatikan juga nih. Pilihlah shampo yang shampo ringan khusus kulit kepala sensitif sehingga dapat menyeimbangkan kondisi kulit dan mencegah ketombe juga rambut rontok. Usahakan juga untuk menentukan shampo dan kondisioner yang ringan untuk mencegah rambut dari kerusakan yang disebabkan oleh bahan kimia.

3. Vitamin rambut itu penting

Penggunaan vitamin rambut itu sangat penting, lho, yakni untuk menutrisi rambut dan mencegah rambut dari kerusakan. Kamu bisa menggunakan minyak zaitun, minyak almond, minyak biji bunga matahari, atau vitamin rambut yang mampu kau beli di toko kecantikan. Kamu juga harus rutin menggunakan masker rambut selama dua hingga tiga minggu sekali untuk menjaga rambut tetap sehat.

4. Jangan bando terlalu kencang

Mengikat rambut yakni hal yang pasti kau lakukan sebelum menggunakan hijab, bukan? Kamu harus menghindari mengikat rambut yang terlalu kencang, ya! Karena hal tersebut bisa merusak rambut serta memperparah kerontokan. Langkah yang sempurna dalam mengikat rambut ialah ikatlah dengan ikatan yang longgar.

5. Hindari memakai hijab ketika

rambut dalam keadaan berair

Menggunakan hijab ketika rambut masih dalam keadaan berair nampaknya pernah dilakukan oleh semua hijabers. Terlebih dikala sedang terburu-buru. Sebenarnya, hal itu harus dihindari alasannya memakai hijab dalam keadaan rambut yang basah lebih sensitif dan rentan terhadap kerusakan. Mengikat dalam keadaan rambut basah dapat mengakibatkan kerusakan helai rambut dan menyebabkan ketombe.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kau terapkan dalam merawat rambut kau yang berhijab. Semoga bermanfaat, ya!

(Amel, sumber foto: Pinterest)