Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Ketika Trend Hujan

Diposting pada

Musim hujan biasanya menjadi rawan penyakit. Keadaan curah hujan tinggi memang menjadi pemicu bagi mikroorganisme berkembang sehingga bisa menyerang kesehatan manusia. Dalam keadaan ini, penting bagi kamu untuk menjaga daya tahan tubuh sehingga bibit-bibit penyakit bisa ditangkal. Berikut ini Lifestyle kasih tau nih beberapa tipa agar kau tetap sehat dikala animo hujan.

1. Menjaga Pola Makan

Setiap hari insan membutuhkan kuliner untuk kelangsungan hidupnya. Namun, ternyata tidak setiap orang peduli akan contoh makannya. Pola makan yang sehat akan memenuhi nutrisi dalam badan kamu sehingga memperkuat daya tahan. Jangan lupa untuk memperhatikan frekuensi sarapan, makan siang, dan makan malam. Konsumsi makanan yang mengandung gizi seimbang, yaitu karbohidrat, lauk pauk, sayuran, dan buah-buahan.

2. Konsumsi Vitamin

Tubuh akan mengalami proses pembiasaan ketika perubahan demam isu panas ke trend hujan. Proses ini dapat memengaruhi kekebalan badan atau sistem imun kita. Maka, mengkonsumsi vitamin menjadi hal yang penting untuk menjaga kestabilan sistem imun. Misalnya dengan mengkonsumsi Vitamin C atau dengan mengkonsumsi buah seperti jeruk dan strawberry.

3. Tidur Yang Cukup

Tidur merupakan waktu badan untuk memulihkan seluruh sistem anggota tubuh. Dalam menjaga kesehatan, kualitas tidur sangatlah penting. Anak usia prasekolah usia 3-5 tahun membutuhkan tidur 10-13 jam, anak sekolah usia 6-13 tahun membutuhkan tidur 9-11 jam. Lalu, remaja usia 14-17 tahun butuh 8-10 jam. Usia 18-25 tahun direkomendasikan tidur selama 7-9 jam. Pada usia akil balig cukup akal 26-64 tahun membutuhkan tidur 7-9 jam. Lalu para lanjut usia direkomendasikan tidur selama 7-8 jam. Tidur yang cukup mampu memulihkan kembali stamina dan memperbaiki sistem kekebalan badan.

4. Jangan Lupa Olahraga

Olahraga adalah cara sederhana dan gampang tetapi besar keuntungannya. Latihan fisik selama 30 menit bisa mengaktifkan sel darah putih yang berfungsi menyediakan pertahanan berpengaruh juga cepat terhadap peradangan dalam tubuh.

5. Gunakan Pakaian Tebal dan Hangat

Penggunaan pakaian bisa mempengaruhi kesehatan kau dikala musim hujan, lho. Hindari menggunakan baju yang tipis sehingga udara acuh taacuh akan gampang masuk ke badan. Pilihlah pakaian yang tebal sehingga badan akan terasa hangat.

Semoga bermanfaat!

(Amel, foto: Pinterest)