Tips Bebas Stress Saat Travelling Bersama Si Buah Hati

Diposting pada

Moment liburan menjadi hal yang paling dinantikan semua orang. Tak terkecuali bagi para orang tua yang ingin mengajak anaknya pergi berwisata sebagai cara menghibur diri dari rutinas sehari-hari dan sarana menawarkan pengetahuan di luar rumah.

Namun, banyak para orang tua yang malah merasa lelah bahkan dilanda stress saat mengajak anak mereka rekreasi. Hal ini biasa terjadi alasannya adalah anak yang menjadi lebih rewel dan menangis terus-menerus alasannya adalah merasa bosan di perjalanan.

Untuk menghindari hal tersebut, berikut beberapa tips menghindari stress saat liburan bersama anak:

1. Jaga Kesehatan Anak

Sebelum pergi liburan, moms harus pastikan anak-anak dalam kondisi yang memungkinkan untuk perjalanan jauh. Berilah masakan dan minuman dengan asupan padat nutrisi sebelum dan dikala berlibur. Moms juga harus pastikan bahwa anak menerima tidur cukup sehingga dia tidak akan gampang lelah.

2. Makanan Ringan dan Mainan

Saat menempuh perjalanan jauh, usahakan si kecil untuk selalu dalam keadaan ceria. Jika moms sudah merasa lelah mengajaknya bermain sepanjang perjalanan, moms mampu banget nih memberinya makanan ringan atau mainan kesukaannya sehingga anak tidak mudah bosan.

3. Tata Barang Bawaan dalam Plastik

Moms harus berakal memilih mana pakaian anak yang penting untuk dibawa berlibur. Kemudian, tempatkan pakaian tersebut di dalam kantong plastik menurut hari. Lakukan hal yang sama pada barang bawaan lainnya seperti peralatan makan maupun peralatan mandi. Hal ini dapat menciptakan moms lebih gampang untuk menemukan barang yang diperlukan sehingga moms tidak akan repot dan kebingungan untuk mencari keperluan si kecil.

4. Komunikasi dengan Anak

Untuk menghindari terjadinya drama saat di daerah wisata, moms harus melaksanakan komunikasi dengan anak. Sehingga dia merasa dilibatkan dalam segala keadaan. Jangan sampai melaksanakan sesuatu yang membuatnya kurang nyaman. Ingat bahwa tujuan liburan yaitu untuk bersenang-bahagia dengan keluarga.

5. Percepat Waktu Makan

Ketika berkreasi, anak akan lebih aktif bergerak. Hal ini niscaya membuatnya cepat lapar. Makara, moms harus memajukan waktu makan anak.

6. Kesabaran Tanpa Batas

Hal terpenting dari kelima point yang telah disebutkan di atas yaitu rasa sabar dalam diri moms. Akan ada waktunya si kecil rewel dan mengalami tantrum, atur emosi dan jangan marahi anak. Bujuk dan ajaklah anak ke tempat yang nyaman dan tenang.

(Amel, foto: Pinterest)