Tidak Hanya Untuk Bumbu Kuliner, Ini Ia Manfaat Seledri Untuk Kesehatan!

Diposting pada

Seledri (Apium graveolens L.) merupakan sayuran daun dan flora obat yang biasa digunakan sebagai bumbu kuliner. Biasanya daun seledri segar dicincang halus dan ditaburkan pada masakan.

Tidak hanya sebagai bumbu, ternyata daun seledri juga bermanfaat bagi tubuh, lho. Setiap bab dari tanaman ini mampu digunakan dan dikonsumsi. Yuk, cari tahu keuntungannya!

1. Mengurangi Peradangan

Kandungan flavonoid dalam seledri mampu membantu sistem imun tubuh dalam melawan peradangan akibat radikal bebas. Radikal bebas yang dibiarkan dapat memicu kerusakan DNA dan sel-sel dalam badan sehingga mengganggu kesehatan. Untuk itu, seledri mampu membantu radikal bebas tersebut. Seledri juga membantu badan untuk menyerap vitamin C sehingga dapat menjaga stamina badan.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Seledri mempunyai zat 3-n-butyl phthalide (3nB), yaitu zat yang mampu menurunkan tekanan darah. Zat 3nB menurunkan tekanan darah dengan cara menurunkan tingkat kolesterol dan mengurangi timbunan plak yang ada dalam pembuluh darah arteri. Tak hanya itu, zat ini juga diklaim bisa menjaga elastisitas pembuluh darah yang mampu berujung pada tekanan darah yang stabil.

3. Obat Infeksi Kandung Kemih

Infeksi susukan kencing merupakan salah satu jenis abses yang menghipnotis bab yang ada pada saluran kencing seperti ginjal, ureter, kandung kemih atau uretra. Penyebab yang paling umum dari nanah ini adalah kuman yang berasal dari usus. Akan tetapi, virus dan jamur juga mampu saja menyebabkan infeksi ini. Biji seledri bertindak sebagai diuretik, terutama sebab salah satu dari konstituen minyak seledri, butylphthalide. Mengunyah segenggam biji seledri mampu membantu meningkatkan produksi air seni.

4. Mengurangi Kadar Kolesterol

Satu batang seldri, dengan tinggi batang tujuh sampai delapan inci, hanya memiliki kalori 6 kkal. Serat yang terkandung di seledri membantu individu yang punya problem dengan kolesterol. Ketika masuk ke dalam tubuh, serat akan mengambil kelebihan senyawa kolesterol di usus, kemudian mendorongnya keluar melalui proses eliminasi.

5. Membersihkan Ginjal

Daun seledri mempunyai kandungan tinggi vitamin A, sementara batang merupakan sumber vitamin B1, B2 B6 dan C dengan pasokan kaya potasium, folat, kalsium, magnesium, besi, fosfor, natrium dan kandungan asam amino ensensial yang tinggi. Natirum organik alami adalah garam dalam seledri sangat kondusif untuk dikonsumsi dan sangat penting untuk kesehatan tubuh termasuk ginjal. Seledri dapat menjadi pembersih terbaik untuk organ ginjal. Air seni yang keluar akan membawa garam dan juga racun terakumulasi dalam badan akibat fungsi penyaringan ginjal sehingga kesehatan ginjal akan tetap terjaga.

(Amel, foto: Pinterest)