Siap-Siap Film Kuldesak Kembali Ditayangkan Di Bioskop, Hanya Satu Hari!

Diposting pada

Sudah dua dekade,  sejak pemutaran film pertama pada 27 November 1998 dilakukan. Kala itu, Kuldesak  menjadi penanda  bangkitnya perfilman Indonesia sehabis vakum 10 tahun. Awalnya film ini hanya diluncurkan di 3 layar bioskop di Jakarta, kemudian bertambah masing-masing 1 layar di kota Bandung, Surabaya dan Yogyakarta.

Nah, buat kalian yang belum pernah menonton film Kuldesak jangan sedih! Karena, pada 30 Desember mendatang akan ada pemutaran khusus film ini. Ditayangkan serentak, hanya satu hari dan satu kali di 9 kota, termasuk Jakarta, Bandung, Surabaya, Makassar, Yogyakarta, Semarang, Solo, Malang dan Padang. Jangan sampai ketinggalan!

Film Kuldesak berisi empat cerita yang tidak berkaitan satu dengan lainnya. Namun berfokus pada empat tokoh anak muda yang dihadapkan pada beberapa duduk perkara di Jakarta pada pertengahan tahun 1990-an. Film ini dibintangi oleh Oppie Andaresta, Bianca Adinegoro, Ryan Hidayat, Wong Aksan, Tio Pakusadewo, Sophia Latjuba, Bucek Depp, Dik Doank, Unique Priscilla dan masih banyak lainnya. Walaupun hanya diputar pada 6 layar saat itu, nyatanya film Kuldesak berhasil meraup lebih dari 100.000 penonton.

Segmen-segmen dalam film ini ditulis dam disutradarai oleh Mira Lesmana, Nan Achnas, Riri Riza dan Rizal Mantovani. Film ini dibentuk hampir tiga tahun lamanya dari 1995 hingga 1998. Selain itu, Kuldesak juga berhasil mendapatkan nominasi untuk Silver Screen Award – Best Asian Feature Film dalam Singapore International Film Festival tahun 1999.

Tidak hanya pemutaran film, peringatan 20 tahun itu juga ditandai dengan peluncuran buku. Dengan judul “20Kuldesak: Berjejaring, Bergerak, Bersiasat, Berontak” dikonsep dan disunting oleh Mirwan Andan. Buku itu berisikan foto-foto dokumentasi cuplikan adegan di balik layar dari penggagasan hingga penyebaran film Kuldesak. Terdiri dalam dua bahasa (Indonesia dan Inggris), buku ini juga turut melibatkan orang-orang andal, diantaranya Leila S. Chudori, J.B. Kristanto, Tam Notosusanto, Angga Rulianto, Philip Cheah dan masih banyak lagi. Nantinya juga akan menyajikan Pameran Sehari Arsip Kuldesak.

Mari kita  bernostalgia bersama dan merayakan 20 tahun  bangkitnya film Indonesia!

 

(Rikha