Sempat Patahkan Rekor Usain Bolt, Catatan Waktu Noah Lyles Tidak Disahkan

Sempat Patahkan Rekor Usain Bolt, Catatan Waktu Noah Lyles Tidak Disahkan

Diposting pada

Berita Olahraga: Sprinter asal Amerika Serikat Noah Lyles berhasil mematahkan rekor dunia lari 200m dari sprinter asal Jamaika Usain Bolt yang diukir pada 2009 lalu.

Tapi, rekor tersebut ditolak karena dianggap tidak berlari dengan jarak yang seharusnya. Noah Lyles berhasil mencatatkan waktu 18,90 detik pada gelaran Inspiration Game, unggul dari catatan waktu Usain Bolt 19,19 detik yang diukir 2009 lalu.

Dilansir dari BBC, catatan rekor dunia baru dari Lyles untuk nomor lari 200m tersebut hanya bertahan sebentar, setelah terungkap ia hanya berlari 185m. Catatan waktu terbaik dari Lyles untuk nomor lari tersebut adalah 19,50 detik.

Lyles yang memenangkan gelar dunia 200m di Doha tahun lalu mencapai tikungan di jalur lari yang ada di Florida jauh di depan lawannya, yakni Christophe Lemaitre dan Churandy Martina, masing-masing bersaing di Swiss dan Belanda.

“Itu tidak mungkin benar!. Bahkan dia sudah mengangkat tangannya bertanya-tanya apa yang sedang terjadi!” kata komentator BBC Steve Cram.

Berselang lima menit kemudian, Cram mengatakan bahwa juara dunia Lyles telah memulai dari jalur yang salah dan berlari 15 meter kurang dari para pesaingnya di trek lain. Mendapatkan kabar tersebut, sprinter berusia 22 tahun tersebut menulis di twitter pribadinya.

“Anda tidak bisa bermain dengan emosi saya seperti ini ….” kata Lyles di twitternya. 

Berdasarkan itu, Lyles dikeluarkan dari hasil balapan dan kemenangan dalam balapan tiga orang itu diserahkan kepada Lemaitre. 

Pelaksanaan Inspiration Game tersebut memanfaatkan teknologi televisi dan menghitung catatan waktu masing-masing pelari. Hal tersebut dilakukan agar tetap bisa menggelar acara atletik internasional pada saat pembatasan karena virus corona.

Para atlet bersaing dari berbagai tempat di seluruh dunia, seluruh upaya dari para atlet ditampilkan bersama di televisi dalam siaran layar yang terpisah. Pemenang dari setiap acara pada pertemuan tersebut menerima hadiah $ 10.000 (£ 7.930). 

Artikel Tag: Atletik, Usain Bold, sprinter