PKB Siap Gabung Poros Partai Islam Gagasan PKS-PPP, Harap Tak Cuma Wacana

PKB Siap Gabung Poros Partai Islam Gagasan PKS-PPP, Harap Tak Cuma Wacana

Diposting pada

Resimcity.com – Pertemuan petinggi PKS dan PPP memunculkan wacana poros partai Islam pada 2024. PKB menyambut baik hal ini dan berharap poros partai Islam tak hanya berhenti sebagai wacana.

“Kami menyambut baik wacana itu untuk membangun poros kekuatan demokrasi dengan menawarkan ide program keumatan yang segar dan tidak berhenti pada sebatas wacana,” kata Waketum PKB Jazilul Fawaid kepada wartawan, Kamis (15/4/2021).

Jazilul menyebut PKB tak menutup kemungkinan untuk bergabung ke poros partai Islam pada 2024. PKB menunggu wacana ini digagas serius.

“Hemat kami, terbuka kemungkinan untuk bergabung bila wacana ini digagas dengan serius dan memiliki arah yang jelas bagi perbaikan masa depan Indonesia. Kita tunggu saja,” ujarnya.

Lalu apakah PKB akan bertemu dengan PKS atau PPP untuk membahas poros partai Islam?

“Mengalir alamiah saja,” imbuhnya.

Presiden PKS Ahmad Syaikhu dan Ketum PPP Suharso Monoarfa sebelumnya bertemu. PKS dan PPP membuka peluang membentuk poros partai Islam pada Pemilu 2024.

“Itu ide bagus. Why not? PKS prinsipnya adalah partai yang visinya rahmatan lil’alamin. Kita ingin menyambut siapa pun yang ingin bergabung dengan kita dan kita akan menyatukan kerja sama besar kita untuk keumatan maupun dari yang lain. Jadi sangat mungkin,” ujar Sekretaris Jenderal PKS Aboe Bakar Al Habsyi di DPP PKS, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Rabu (14/4).

Hal itu dia sampaikan saat ditanya soal kemungkinan PPP dan PKS membentuk poros partai Islam pada Pemilu 2024. Meski demikian, Al Habsyi menyebut Pemilu 2024 masih jauh.

“Tapi ini waktu masih jauh, masih panjang. Tapi penjajakan-penjajakan ini dalam waktu 2 tahun setengah, sangat memungkinkan,” ucap dia. (*)