Perokok Wajib Baca! 4 Kuliner Ini Ampuh Bersihkan Paru-Paru Perokok

Diposting pada

Pasti kalian sudah tahu apa efek dari merokok bagi paru-paru. Dampak merokok bagi paru-paru adalah akan menimbullkan warna kehitaman dan merusak fungsi dari paru-paru. Banyak yang sudah mengetahui pengaruh negative dari merokok, namun masih saja banyak yang melaksanakan.

Memang susah untuk melepaskan kegiatan yang sudah menjadi kebiasaan ini. Butuh niat yang kuat untuk melepas kebiasaan tersebut. Jangan khawatir, bagi kalian yang sulit untuk melepaskan kebiasaan merokok, terdapat beberapa masakan yang mampu membuat paru-paru kalian aman dan bersih dari zat-zat berbahaya yang ada pada rokok. Yuk intip, masakan apa saja yang mampu membantu membersihkan paru-paru perokok.

• Jahe

Kandungan antiseptik dan antibakteri pada jahe mampu melancarkan susukan bronkial pada paru-paru, sehingga lebih mudah menghilangkan radikal bebas yang menempel pada paru-paru. Rongga pernapasan akan terasa lebih lega ketika mengkonsumsi jahe. Mengunyah jahe atau menyantapnya pribadi merupakan cara terbaik untuk hasil yang maksimal.

• Bawang Putih

Berdasarkan penelitian di Jiangsu Provincial Centre for Disease Control and Prevention, Tiongkok, apabila rajin mengkonsumsi bawang putih minimal 2 kali seminggu,dapat menurunkan resiko kanker paru-paru sampai 44 persen. Hal ini disebabkan karena bawang putih mengandung allicin yang bekerja sebagai antibiotik serta mampu mengatasi infeksi pernapasan yang menyumbat paru-paru.

• Nanas

Nanas dipercayai bisa membersihkan nikotin alasannya mengandung enzim blomerain yang berperan sebagai penangkal segala penyakit akhir dampak nikotin.

• Buah Berry

Jenis buah blueberry, stroberi, blackberry dan raspberry mampu dikonsumsi untuk membantu perawatan paru-paru. Buah berry ini mengandung zat flavonoid, karotenoid, lutein dan zeaxanthin yang mampu menghilangkan karsinogen dari paru-paru.

(Monika