Panglima Kudeta Myanmar Jenderal Min Aung Hlaing Mendarat di Soetta

Panglima Kudeta Myanmar Jenderal Min Aung Hlaing Mendarat di Soetta

Diposting pada

Resimcity.com – Panglima Militer Myanmar Jenderal Min Aung Hlaing tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Provinsi Banten, pada siang ini (24/4) pukul 11.00 WIB, untuk menghadiri gelaran ASEAN Leaders’ Meeting, di Jakarta.

Kedatangannya disambut oleh Duta Besar Myanmar untuk Republik Indonesia Ei Ei Khin Aye dan Kepala Protokol Negara (KPN) Andy Rachmianto.

“Panglima Militer Myanmar, Jenderal Min Aung Hlaing dan delegasi terlebih dahulu menjalani PCR swab test dan penapisan kesehatan sebagai bagian dari penerapan protokol kesehatan,” demikian dikutip dari keterangan pers Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Sabtu (24/4).

Ia kemudian melanjutkan perjalanan ke lokasi Konferensi Tingkat Tinggi tersebut.

“Selanjutnya bergerak meninggalkan Bandara Internasional Soekarno-Hatta menuju lokasi ASEAN Leaders’ Meeting {ALM) di Gedung Sekretariat ASEAN, Jakarta,” tulis keterangan pers itu.

KTT di Jakarta itu sendiri khusus membahas krisis di Myanmar. Sepuluh negara anggota telah mengonfirmasi kehadirannya.

Brunei Darussalam, yang juga ketua ASEAN, mengirim Sultan Hassanal Bolkiah. Ada pula Perdana Menteri Kamboja Samdech Techo, Perdana Menteri Vietnam Pham Minh Chinch, dan Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin, dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong.

Sebagai tuan rumah, Presiden Jokowi akan turut menghadiri pertemuan tersebut.

Kedatangan panglima militer Myanmar itu sendiri mendapat penolakan masyarakat sipil dan kalangan pegiat HAM. Betapa tidak, penanganan krisis pasca-kudeta di Myanmar sudah menewaskan ratusan demonstran. []