Manfaat Kopi

Manfaat Meminum Kopi Bagi Kesehatan

Diposting pada

Apakah Anda suka meminum kopi tiap harinya? Bila iya, kemungkinan besar Anda sering mendengar dari teman, keluarga ataupun membaca dari media bahwa banyak imbas negatif dari kopi yang membuat Anda takut meminum kopi dan berfikir untuk berhenti.

 

Tapi jangan takut, alasannya adalah bahu-membahu berbagai manfaat meminum kopi bagi kesehatan, tidak hanya untuk menjaga Anda tetap terjaga, mengatasi kantuk dan lelah.

 

Berikut 7 manfaat meminum kopi bagi kesehatan

 

manfaat meminum kopi

 

Mencegah penyakit

 

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Harvard memberikan bahwa dengan mengkonsumsi kopi 1-3 cangkir sehari mampu mengurangi secara drastis resiko terkena diabetes; bahkan dengan meminum hingga 6 cangkir semakin memperkecil resiko. Kopi juga mampu mengurangi sampai 80% resiko terkena penyakit Parkinson dan kanker usus besar sebesar 20%. Sementara “manfaat meminum kopi” bagi para perempuan juga mengurangi resiko terkena kanker payudara hingga 40%.

 

Meningkatkan performa latihan ketika berolahraga

 

Meminum kopi akan membuat badan memproduksi endorphin yang berfungsi untuk menciptakan badan lebih bersemangat, lebih tahan usang dan kuat dalam menjalankan latihan di gym. Kopi juga mampu meningkatkan metabolisme tubuh yang sangat membantu bila ingin mengurangi berat tubuh.

 

Meningkatkan kesehatan tubuh

 

Secangkir kopi yang Anda minum mengandung lebih dari seribu zat anti oksidan yang penting bagi kesehatan badan. Zat anti oksidan ini mampu menurunkan peradangan yang disebabkan oleh arthritis, menyingkirkan racun penyebab kanker, menetralisir radikal bebas yg mempunyai efek negatif menambah berat badan badan.

 

Umur yang panjang

 

Sebuah studi oleh National Cancer Institute menyimpulkan bahwa orang yang menkonsumsi kopi secara teratur lebih mempunyai harapan hidup yang lebih lama daripada mereka yg tidak meminum kopi sama sekali. Meski penyebab utamanya belum diketahui tapi banyak ilmuwan mengklaim hal tersebut disebabkan oleh anti oksidan yg hanya ditemukan di kopi.

 

Selain itu kopi dapat menurunkan kebiasaan mengemil makanan, meningkatkan performa berolahraga, dan dapat menggantikan kebiasaan merokok yang secara tidak eksklusif meningkatkan lamanya umur hidup seseorang.

 

Membuat menjadi lebih pintar (mudah berkonsentrasi)

 

Ya, kopi bisa juga membuat Anda menjadi lebih pandai dan berkonsentrasi alasannya adalah zat kafein yg merupakan elemen terbanyak dalam kopi mempunyai sifat stimulan. Kafein memblokir efek adenosin yang menciptakan kerja otak tidak terganggu, menambah mood, meningkatkan kemampuan berpikir serta lebih baik dalam keterampilan memecahkan problem.

 

Kopi baik untuk organ hati

 

Studi memperlihatkan bahwa kafein dalam kopi membantu meregulasi hati yg fungsinya mampu mengurangi risiko terkena sirosis hati, kanker hati, kegagalan fungsi hati, dan risiko sirosis alkoholik. Manfaat meminum kopi ini tidak ditemukan di minuman lain yang berkafein dan teh.

 

Mengurangi sakit encok atau sendi

 

Sakit encok dapat terjadi kepada siapa saja pada usia berapa pun dan juga sangat menyakitkan. Meminum kopi bisa mengurangi rasa sakit dan meringankan penyakit ini. Hal ini sebab fungsi anti oksidan dalam kopi bermanfaat mengurangi insulin dalam badan yg akan menurunkan kadar asam urat tinggi penyebab encok.