Makanan Yang Mampu Mengurangi Kolesterol

Diposting pada

Kolesterol merupakan salah satu senyawa lemak (lipid) yang menyerupai lilin. Sebagian besar kolesterol diproduksi di hati serta sebagian lainnya didapatkan dari masakan. Kolesterol membantu dalam produksi sel-sel sehat, sejumlah hormon, dan vitamin D.

Meskipun diperlukan badan, kolesterol yang berlebih akan tertimbun dalam dinding pembuluh darah sehingga dapat mempersempit dan menghambat fatwa darah. Akibatnya, banyak bab badan yang kekurangan pasokan darah sehingga berisiko menimbulkan persoalan kesehatan serius, mirip serangan jantung atau stroke.

Nah, bagaimana jikalau kolesterol dalam badan kita sudah terlanjur tinggi? Pola makan bisa menjadi solusi dalam mengatur tingkat kolesterol. Berikut masakan yang mampu menurunkan kolesterol!

1. Oatmeal

Oatmeal dapat menurunkan kadar kolesterol alasannya mempunyai kaya akan serat. Oatmeal mengandung serat larut yang mampu mengurangi lipoprotein dengan kerapatan rendah (LDL), alias kolesterol “jahat” yang mampu meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

2. Kedelai

Sumber makanan yang berasal dari kacang kedelai ataupun kacang kedelai yang telah diolah, mirip tahu, tempe, susu kedelai, atau susu kacang hijau, mengandung zat isoflavon yang berfungsi sebagai zat yang mampu menekan kolesterol jahat (LDL) biar tidak berkembang lebih banyak di anutan darah.

3. Minyak Zaitun

Minyak zaitun yakni masakan penurun kolesterol alasannya kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal dan vitamin E. Kedua nutrisi ini mampu menurunkan LDL kolesterol atau lemak jahat, dan menaikkan HDL kolesterol alias lemak baik. Kamu bisa mengganti minyak goreng biasa dengan minyak zaitun untuk memasak untuk mampu membantu turunkan kadar kolesterol.

4. Ikan Salmon

Seperti yang kita tahu, ikan salmon mengandung omega 3, di mana omega 3 mampu menurunkan kolesterol. Selain mengandung omega-3, ikan salmon juga mengandung EPA dan DHA yang sangat baik bagi kesehatan dan fungsi kerja organ jantung.

5. Alpukat

Alpukat ialah salah satu buah penurun kolesterol yang mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang mampu membantu meningkatkan kadar kolesterol baik HDL, sekaligus menurunkan kadar LDL alias kolesterol jahat. Alpukat juga mengandung beta-sistosterol, sejenis lemak nabati yang berfungsi untuk mengurangi jumlah kolesterol yang diserap dari masakan. Namun, jangan makan alpukat secara berlebihan alasannya alpukat mempunyai kalori yang cukup tinggi.

6. Apel

Bagian kulit apel merupakan serat larut yang dapat membilas kolesterol jahat LDL dalam badan. Karena kulit apel mengandung plektin. Pektin bekerja dengan menyerap kolesterol dan lemak jahat dari masakan dan mengeluarkannya lewat urine dan feses. Selain kaya serat, apel juga mengandung tinggi polifenol, yakni antioksidan berpengaruh yang dapat mengurangi peradangan.

7. Jeruk

Kandungan vitamin C dalam jeruk dapat membantu mencegah penumpukan kadar kolesterol LDL dan mengurangi risiko penyakit jantung. Sama seperti buah penurun kolesterol lainnya, jeruk juga kaya akan serat larut air yang dapat mengikat kolesterol dari masakan. Buah ini pun mengandung d-limone, yaitu senyawa kimia yang mampu melarutkan kolesterol dalam badan.

(Amel, foto: Pinterest)