Cloud Smartfren

Live Transcription Zoom Akan Bisa Diakses Gratis

Diposting pada

Jakarta, Resimcity.com – Zoom saat ini menjadi aplikasi yang cukup diandalkan dalam menunjang aktivitas belajar ataupun bekerja secara online, sehingga tidak mengherankan jika aplikasi ini terus berinovasi.

Sebelumnya, telah menambahkan latar belakang unik yang dapat digunakan saat percakapan virtual tatap muka. Kemudian Zoom kembali hadir dengan fitur yang disebut Efek Studio. Efek tersebut dapat memberi kemampuan untuk menambahkan filter alis, rambut wajah, dan warna bibir ke wajah pengguna selama sesi Zoom.

Selain fitur-fitur terbaru, platform konferensi video Zoom bakal menggratiskan salah satu fitur berbayar mereka yaitu, Live Transcription atau transkripsi langsung. Dalam blognya, layanan ini akan tersedia untuk semua pengguna, termasuk yang menggunakan aplikasi ini secara gratis, pada September 2021. Menariknya, fitur live transcription bakal tersedia untuk semua pengguna, termasuk yang tidak berlangganan.

Dengan fitur transkripsi langsung memungkinkan pengguna dapat melihat teks pembicaraan secara real-time di layar selama konferensi video berlangsung. Fitur ini tentu sangat berguna, khususnya bagi yang bukan penutur asli bahasa Inggris. Selain itu, dengan adanya transkripsi langsung dapat mengurangi kemungkinan miskomunikasi selama rapat.

Dalam webinar, teks dapat diketik oleh host, co-host, panelis yang ditetapkan oleh host, atau layanan teks pihak ketiga yang terintegrasi. Jika tidak dapat memberikan teks, Zoom juga menyediakan fitur live transcription yang didukung AI. Fitur ini dapat diaktifkan oleh host, dan setiap peserta dapat melihat teks sesuai kebutuhan. Fitur ini hanya mendukung bahasa Inggris.

Di samping itu, ada pula fitur closed caption yang memungkinkan host, peserta rapat lainnya yang ditetapkan oleh host untuk menambahkan teks dalam rapat. Kata Zoom dalam formulir yang harus diisi oleh pengguna, Zoom menyatakan, mulai sekarang hingga musim gugur 2021, Zoom akan dengan senang hati menawarkan akses ke fitur live transcription bagi setiap pengguna yang membutuhkannya agar dapat berpartisipasi dengan lebih baik dalam rapat Zoom mereka.

“Jika Anda memenuhi kriteria, Anda akan segera menerima email konfirmasi dengan instruksi tentang bagaimana untuk mengoonfirmasi permintaan Anda,” tambah Zoom.
“Kami kemudian akan memproses permintaan Anda dan akan mengirimkan konfirmasi setelah fitur diaktifkan untuk akun Anda. Kami berharap dapat menghubungi Anda kembali dalam satu hingga dua minggu.”tutur Zoom.

Baca Juga:Hilangkan Bosan Saat Diskusi Virtual, Zoom Ciptakan Filter Wajah

Saat ini, Live Transcription merupakan layanan berbayar. Pengguna harus merogoh kocek untuk dapat menikmati fitur ini.Untuk dukungan bahasa, fitur ini baru mendukung bahasa Inggris. Guna mendapatkan hasil optimal, pengguna mesti berbicara dengan jelas untuk hasil yang lebih baik.

Ada beberapa faktor yang dapat memengaruhi performa fitur ini. Seperti kebisingan latar belakang, volume suara, dan kejernihan dan kemahiran penutur dalam bahasa Inggris.
Selain Live Transcription, Zoom juga memiliki beragam fitur aksesibilitas yang mereka kembangakan. Antara lain seperti fitur-fitur seperti aksesibilitas keyboard, menyematkan atau menyoroti video interpreter, dukungan pembaca layar, dan banyak lagi.