Kecam ESL, Franck Ribery: Ini Hanya Akan Menghancurkan Sepakbola!

Kecam ESL, Franck Ribery: Ini Hanya Akan Menghancurkan Sepakbola!

Diposting pada

Berita Sepakbola: Bintang Fiorentina yaitu Franck Ribery, sangat menentang pagelaran kompetisi European Super League. Di mata pemain asal Prancis ini, kompetisi ini hanya akan merusak tatanan sepakbola yang sudah terstruktur rapi beratus-ratus tahun lamanya.

Seperti diketahui, jagat sepakbola memang tengah heboh dengan gagasan kompetisi European Super League (ESL) yang diprakarsai oleh 12 klub dari sejumlah negara Eropa.

Berbeda dengan gelaran Liga Champions yang mengusung konsep terbuka, ESL hanya berisikan klub-klub eksklusif dan inilah yang sangat ditentang oleh Franck Ribery.

Menurutnya ini hanya akan merusak asas fair-play dalam sepakbola dan winger Fiorentina ini pun kemudian mengungkit lagi perjuangannya saat berhasil memenangkan Liga Champions bersama Bayern Muenchen beberapa tahun silam.

“Tangis getir setelah final di Muenchen. Malam spesial yang begitu emosional di London setahun berikutnya,” tulis Ribery di akun Twitter resmi miliknya @FranckRibery.

“Itu adalah perasaan yang spesial setelah memenangkan sesuatu yang luar biasa.”

“Liga Champions telah memberikan saya segalanya dan kompetisi ini adalah mimpi seluruh anak-anak di dunia.”

“Jangan pernah kita biarkan apa pun menghancurkan sepakbola yang kita cintai ini. Kita tidak boleh lupa dari mana kita berasal dan untuk siapa kita memainkan olahraga ini,” tutup pemain berusia 38 tahun ini.

Kendati baru digagas dan belum resmi bergulir, polemik ESL sudah memusingkan hampir seluruh stakeholder sepakbola di Eropa.

Namun kabar terbaru menyebutkan jika keenam klub Liga Inggris plus AC Milan serta Inter Milan resmi menyatakan bahwa mereka mencabut dukungan mereka untuk berlaga di kompetisi ini.

Dengan begitu ESL sekarang hanya beranggotakan empat tim saja yaitu Juventus, Real Madrid, Barcelona serta Atletico Madrid.

Artikel Tag: Franck Ribery, Fiorentina, European Super League