Jangan Terlalu Sering Memakai Headset! Ini 3 Bahayanya Menggunakan Headset Terlalu Sering

Diposting pada

Menggunakan headset dikala mendengarkan lagu atau telpon memang paling asik dan tidak mengganggu orang lain karena merasa berisik. Namun, dibalik keasikan itu mengandung sejumlah ancaman kalau menggunakannya terlalu usang dan terlalu sering.

Penggunaan headset pada dasarnya dilarang terlalu usang, sama mirip menonton televisi dan juga menatap layar komputer yang ada batasnya. Untuk menggunakan headset, usahakan jangan menggunakannya selama 4 jam berturut-turut alasannya adalah hal itu akan membahayakan indera pendengaran serta kinerja otak. Yuk intip apa saja bahayanya menggunakan headset terlalu usang.

• Berisiko Masuknya Kuman Lewat Telinga

Headset merupakan salah satu alat yang memiliki kandungan kuman yang tinggi. Ini disebabkan alasannya adalah headset merupakan benda terbuka yang diletakkan dimana-mana dan jarang mengalami pembersihan seperti dicuci.

Saat memakai terlalu usang, maka kuman pun dapat bergerak bebas masuk ke dalam indera pendengaran kita. Itulah yang membuat basil masuk ke dalam pendengaran dan mengakibatkan gangguan kesehatan pada pendengaran.

• Berisiko Menyebabkan Tuli Sesaat

Terlalu usang menggunakan headset bukan hanya menyebabkan masuknya bakteri ke dalam pendengaran, namun mampu menyebabkan “tuli sesaat”. Apabila terlalu sering menggunakan headset dengan volume yang cukup keras dan tinggi, hal ini akan mengakibatkan pengguna mengalami tuli sesaat dan bahayanya dapat berujung tuli permanen.

• Berisiko Mengalami Kerusakan Otak

Headset ternyata memancarkan gelombang elektromagnetik tersendiri. Hal ini diyakini dapat memicu kerusakan otak dikarenakan radiasi dari headset tersebut. Hal ini dibuktikan dengan percobaan pada tikus dan tumbuhan.otak tikus mengalami kerusakan dan tanaman perlahan semakin layu ketika dipaparkan suara musik yang keras dari headset selama beberapa hari. Berbeda dengan musik yang lembut, flora malah tumbuh semakin cepat dikarenakan adanya stimulasi faktual dari musik yang lembut.

(Monika