Jangan Merusak Terumbu Karang Sebab Ini Dia Keuntungannya

Diposting pada

Terumbu karang sangat memiliki banyak manfaat yang besar bagi kehidupan manusia maupun lingkungan, terumbu karang atau coral reef bukan hanya sekedar menjadi daerah hidup dan berkembang biota laut belaka. Namun terumbu karang ini mempunyai fungsi dan tugas yang sangat penting dan tidak mampu diremehkan bagi lingkungan secara keseluruhan baik di bahari, pesisir, maupun darat dan tengtunya bagi kehidupan insan. Fungsi dan manfaat terumbu karang bagi lingkungan dan insan mampu dikelompokkan dalam tiga kelompok yakni kelompok manfaat yang secara ekologi, ekonomi, dan sosial. Manfaat secara ekologi mengandung arti sebagai peran terumbu karang dalam korelasi timbal balikj antara makhluk hidup dengan lingkungannya.

Ekologi sendiri di artikan sebagai relasi timbal balik antara makhluk hidup dan lingkungannya. Manfaat terumbu karang secara ekologi berarti peran dan fungsi terumbu karang bagi lingkungan atau alam sekitar maupun bagi biota bahari lainnya. Lingkungan mampu berupa habitat di sekitar terumbu klarang berada maupun secara global, termasuk daerah pesisir dan daratan.

Secara ekologi , terumbu karang memiliki manfaat antara lain :

1. Penunjang kehidupan

Sebagai sebuah ekosistem, secara langsung terumbu karang menjadi penunjang kehidupan berbagai jenis makhluk hidup yang ada di sekitarnya. Terumbu karang menyediakan kawasan tinggal, mencari makan, dan berkembang biak bagi aneka macam biota maritim.

2. Sumber keanekaragaman hayati yang tinggi

Terumbu karang menjadi ekosistem dengan biodiversitas atau keanekaragaman hayati yang tertinggi di banding ekosistem maritim lainnya. Dengan tingkat biodiversitas yang tinggi maka terumbu karang menjadi sumber keanekaragaman genetik spesies.

Pelindung pantai dan pesisir.

Terumbu karang , padang lamun , dan hutan bakau merupakan ekosistem yang saling terkait dalam melindungi pantai dan tempat pesisir. Terumbu karang bisa memperkecil energi ombak yang menuju ke daratan. Energi ini lalu diperkecil lagi dengan adanya padang lamun dan hutan bakau. Sehingga ombak tidak merusak pantai atau menjadikan pengikisan pantai dan ekosistem di pantai pun dapat terlindungi.

Itulah manfaat terumbu karang secara ekologi. Semoga bermanfaat.

(Atik