Ini Dia Berbagai Macam Cara untuk Top Up ShopeePay

Ini Dia Berbagai Macam Cara untuk Top Up ShopeePay

Diposting pada

ShopeePay merupakan fitur layanan cashless yang sekarang sedang booming dan semakin digemari setelah terjadinya pandemi. Lebih jelasnya, ShopeePay adalah uang elektronik yang dapat digunakan sebagai metode pembayaran online khusus di aplikasi Shopee dan juga pembayaran offline di merchant ShopeePay (seperti kafe, minuman di mall, dsb).

Singkatnya, ShopeePay mirip seperti ATM, bedanya ia tidak terbentuk fisik dengan kartu tapi menggunakan ponsel kamu saja. Selain itu, ShopeePay juga berguna saat ada refund alias pengembalian dana akibat pesanan tidak diproses penjual dalam batas waktu yang diberikan Shopee (sehingga dibatalkan secara otomatis oleh Shopee) atau jika produk ternyata sudah habis dan di-cancel sendiri oleh seller.

Saya pribadi lebih suka transaksi dengan ShopeePay karena lebih cepat (tidak perlu buka e-banking atau lari ke mesin ATM dulu), dan sering ada diskon ongkir juga cashback untuk pengguna ShopeePay. Sangat berguna, bukan?

Untuk bisa menggunakan dompet digital dari Shopee ini, kamu harus melakukan aktivasi dan verifikasi terlebih dahulu. Kamu akan dituntun oleh aplikasi Shopee, caranya sangat mudah dimengerti dan dilakukan, kok. Setelah aktif, kamu bisa menggunakan ShopeePay selamanya, selagi kamu tidak berganti akun Shopee.

Karena fungsinya mirip dengan kartu debit, maka untuk bisa menggunakannya, kamu perlu memiliki saldo (uang) untuk bertransaksi dengan ShopeePay. Berikut adalah beberapa cara untuk top up (isi ulang saldo) ShopeePay dilansir oleh Carisinyal.

Lewat ATM

* sumber: pixabay.com

Cara pertama yang akan Carisinyal bahas untuk mengisi ShopeePay adalah melalui ATM. Karena, tidak semua orang memiliki akses untuk internet banking, kan. Sedangkan orang yang memiliki akun di bank pasti memiliki kartu ATM. Sejauh ini, kamu bisa mengisi ShopeePay di ATM Mandiri, BRI, BCA, dan BNI saja. Berikut tata caranya:

  1. Buka aplikasi Shopee di smartphone kamu
  2. Tekan ‘Isi Saldo ShopeePay’ atau ‘Top Up ShopeePay’ yang ada di home (beranda) Shopee

Atau, kamu juga bisa melakukan ini:

  1. Tekan pilihan menu ‘Saya’ atau ‘Akun Saya’
  2. Pilih menu ShopeePay, lalu tekan ‘Isi Saldo’

Maka kamu akan diantarkan ke pilihan Bank Transfer. Di sana akan ada pilihan beberapa bank yang telah bekerja sama dengan Shopee, yaitu Mandiri, BNI, BCA, dan BRI.

  1. Selanjutnya, pilihlah bank yang kamu inginkan. Lalu, tap ‘Konfirmasi’
  2. Maka, akan muncul nomor rekening bank yang berupa nomor Virtual Account. Salin, catat, atau screenshot nomor tersebut agar memudahkan kamu
  3. Pergi ke ATM, lalu pilih Transaksi Lainnya -> Transfer -> Transfer ke Rekening Virtual Account
  4. Masukkan nomor tersebut, lalu pilih ‘Ok’ atau ‘Benar’
  5. Masukkan jumlah uang yang kamu inginkan untuk top up ShopeePay (minimal Rp 10.000)
  6. Jika nomor yang ditekan benar, maka akan muncul jumlah uang yang telah kamu tekan dan juga username Shopee kamu
  7. Jika semua data telah benar, pilih ‘Ya’

Maka dalam hitungan detik, ShopeePay kamu akan terisi. Dan, seharusnya kamu langsung mendapatkan notifikasi juga dari Shopee asalkan kamu ada kuota internet.

Lewat E-Banking

Selain metode top up melalui ATM, Shopee juga memberikan kemudahan dengan memungkinkan pengguna mengisi ulang saldo lewat internet banking atau m-banking, juga mini market seperti Alfamart dan Indomaret. Langkah ini bisa menjadi pilihan buat yang tidak punya akun bank atau kartu ATM-nya hilang. Saya akan mencontohkan cara mengisi saldo ShopeePay lewat BCA m-banking.

1. Buka aplikasi BCA mobile di handphone, lalu tekan ‘Transfer’

2. Lalu, pilih BCA Virtual Account

3. Sebelumnya, saya sudah menyimpan nomor Virtual Account ShopeePay di BCA M-banking, jadi saya tinggal pilih menu nomor yang telah terdaftar. Kalau kamu belum save, berarti harus mengetiknya secara manual.

4. Sekarang, masukkan nominal uang yang ingin kamu transfer ke ShopeePay. Ingat, minimal Rp 10.000, ya.

5. Jika sudah berhasil, maka kamu akan langsung mendapatkan notifikasi dari aplikasi Shopee, bahwa ShopeePay kamu telah terisi sejumlah uang.

Tips: Saya sarankan lebih baik kamu meng-save nomor Virtual Account di M-banking. Karena, nomor yang digunakan akan selalu sama untuk mengirim saldo ke akun Shopee yang sama pula. Dengan langkah ini, kamu tidak perlu membuka akun Shopee terlebih dulu untuk mengisi saldo, tapi bisa langsung dari M-banking saja.

Lewat Partner (Indomaret, Alfamart, dll)

minimarket steam wallet

Seperti yang Carisinyal singgung di atas, kamu juga bisa mengisi saldo ShopeePay lewat partner yang telah bekerja sama dengan Shopee. Contohnya adalah minimarket seperti Indomaret dan Alfamart. Caranya kurang lebih sama seperti cara-cara sebelumnya.

Bedanya, kamu akan mendapatkan kode bayar setelah konfirmasi. Nanti, tunjukkan atau sebutkan kodenya ke kasir di minimarket, lalu bilang deh kamu mau isi saldonya berapa. Bayar seperti biasa kalau kamu lagi belanja di minimarket, dan selesai!

Jangan Lupa Main LuckyDraw

Ketika mengisi ShopeePay dalam jumlah tertentu (sepertinya harus di atas Rp 50.000), kamu berkesempatan memainkan LuckyDraw. Hadiahnya biasanya berupa koin (yang tidak seberapa tapi kalau dikumpulkan lumayan), voucher cashback dari Shopee, voucher diskon dari toko official di ShopeeMall maupun selain ShopeeMall, dan masih banyak lagi.

Catatan: semakin besar kamu isi saldo belum tentu hadiahnya bakal makin menggiurkan juga, kok. Karena namanya juga LuckyDraw, untung-untungan. Ini cuma buat fun aja, iseng-iseng. Batas waktu melakukan LuckyDraw itu satu hari. Kalau sudah lewat, nanti tombolnya hangus tidak bisa ditekan lagi. Jadi, jangan lupa, ya!

  • Biaya Pengisian Saldo ShopeePay

Mengisi saldo ShopeePay kena biaya? Jangan kaget, tapi hal ini benar terjadi. Per tanggal 1 Maret 2020, untuk pengisian saldo ShopeePay dari ATM dan M-banking BCA juga BNI dikenai biaya Rp 1.000 (biaya admin), sedangkan bank Mandiri dan BRI masih gratis. Tapi, untuk kebijakan ini mungkin berubah juga seiring waktu. Sedangkan biaya mengisi saldo lewat minimarket adalah Rp 2.500.

Ternyata e-wallet dari Shopee ini ada limit alias batasannya juga, loh. Kita sebagai pengguna nggak bisa menyimpan terlalu banyak uang di sana. Jadi, limit pengisian saldo ShopeePay itu adalah Rp 10 juta. Berbeda dengan akun yang ShopeePay-nya belum terverifikasi (misalnya baru banget bikin akun dan langsung mau isi saldo banyak, padahal belum diverif), limitnya hanya Rp 2 juta saja.

Semua itu cara mengisi (top up) ShopeePay. Senangnya, Shopee memudahkan kita semua mau mengisi ShopeePay lewat mana saja. Carisinyal juga menambahkan beberapa informasi tambahan seperti batas pengisian ShopeePay dan biaya yang dikenakan ketika kamu mengisi ShopeePay lewat pihak ketiga. Ingat, ShopeePay hanya berlaku di aplikasi Shopee dan merchant yang ada logo Shopee-nya, ya. Selamat berbelanja dengan ShopeePay!

Gimana, gampang kan untuk isi ulang saldo ShopeePay? Nah, kalau kamu masih bingung untuk top up OVO, kita punya tutorialnya di link ini. Selamat berbelanja!