Facebook Resmi Luncurkan Aplikasi Musik Collab, Mirip TikTok

Facebook Resmi Luncurkan Aplikasi Musik Collab, Mirip TikTok

Diposting pada

Resimcity.com – Raksasa media sosial Facebook baru saja meluncurkan secara resmi aplikasi berbagai video pendek mirip dengan TikTok yang mereka namakan Collab.

Aplikasi ini sejatinya sudah rilis dan mulai diuji coba dalam versi beta sekitar pada bulan Mei 2020 lalu. Namun saat itu, hanya pengguna yang mendapat undangan khusus yang bisa menjajal aplikasi ini.

Kini, aplikasi Collab ini akhirnya secara resmi sudah diluncurkan dan bisa digunakan oleh semua pengguna.

Kendati demikian, aplikasi ini hanya tersedia untuk perangkat dengan basis sistem operasi iOS saja jadi untuk saat ini hanya tersedia di App Store.

Sementara untuk pengguna Android, pihak Facebook masih belum memberikan keterangannya kapan aplikasi ini tersedia di Google Play Store.

Sekilas Tentang Aplikasi Collab yang Mirip TikTok

Mengutip dari laman The Verge, Aplikasi ini sendiri merupakan produk yang dikembangkan oleh tim New Product Experimentation Facebook.

Mengapa disebut-sebut mirip dengan TikTok, bukan kerana desain atau tampilan aplikasinya tapi lebih kepada cara kerjanya.

Dimana dengan dengan aplikasi Collab ini memungkinkan para pengguna untuk membuat video musik pendek dengan menggabungkan hingga tiga video menjadi satu.

Pihak Facebook dalam pejelasannya mengatakan bahwa untuk menggunakan Collab tidak dibutuhkan kemampuan bermusik yang handal.

Sama halnya dengan pengguna TikTok, pengguna juga bisa mengeedit atau membuat video Collab yang secara keseluruhan terdiri dari video yang di unggah oleh pengguna lain.

Misalnya ada tiga orang pengguna yang masing-masing membuat video dengan memainkan bagian lagu yang berbeda.

Ketiga video dari tiga orang pengguna yang berbeda tersebut bisa digabungkan menjadi satu video yang utuh.

Lalu, untuk setiap video yang dibuat juga dapat di posting ke feed ‘Collab’ tempat di mana orang lain dapat menonton dan memutar video tersebut

Selain itu, dalam aplikasi  Collab ini juga sdah dilengkapi dengan alat dalam aplikasi untuk menyinkronkan video.

“kami memastikan bahwa saat Anda menggeser, video diputar pada saat yang tepat untuk disinkronkan,” demikian penjelasan Collab yang mereka sertakan pada  halaman unduhan di App Store.

Aplikasi ini tidak terintegrasi langsung dengan Facebook, tetapi pengguna dapat mengekspor produk jadi ke Instagram Stories serta platform lain, termasuk TikTok melalui opsi berbagi di iOS.

Lalu, apakah aplikasi ini akan mampu menyaingi kepopuler TikTok? kita lihat saja.