Es Krim Vs Gelato, Lebih Sehat Yang Mana?

Diposting pada

Jika hanya dilihat dan dirasakan, es krim dan gelato memang seperti tidak ada bedanya. Bahkan banyak yang tidak menyadari perbedaan gelato dan es krim, dan tetap mengonsumsi keduanya seperti biasa. Padahal keduanya terperinci berbeda meskipun keduanya terbuat dari materi dasar yang mengandung gula dan lemak. Namun, di antara es krim dan gelato, manakah yang lebih sehat?

Es krim mengandung lemak yang lebih banyak daripada gelato, begitu pula dengan kandungan lemak jenuhnya. Kandungan lemak dalam satu cone es krim sebesar 14 sampai 17 persen, sedangkan kandungan lemak pada gelato hanya sebesar 8 persen. Karena kandungan yang terdapat pada gelato lebih banyak kandungan susu daripada krim.

Sama seperti perbandingan kandungan lemak pada es krim dan gelato, kadar gula pada es krim juga lebih tinggi daripada gelato. Biasanya es krim disajikan 15 drajat celcius lebih acuh taacuh daripada gelato. Jika suhu terlalu acuh taacuh, tekstur gelato akan bermetamorfosis lebih keras. Sedangkan pada es krim, diharapkan suhu yang lebih tinggi. Semakin acuh taacuh suhu masakan saat disajikan, maka rasanya pun akan menjadi lebih samar di lidah. Oleh sebab itu, es krim membutuhkan penambahan gula untuk menajamkan kembali rasa manisnya.

Apakah kau sudah mampu menyimpulkan mana yang lebih sehat? Benar! Gelato lebih sehat daripada es krim. Eitss, tetapi kamu harus tetap membatasi gelato yang kau konsumsi ya! Apalagi bila kau mencampurkan gelato dengan banyak sekali topping manis.

(Dinda