Dewi Fashion Knight Menjadi Epilog Jakarta Fashion Week 2019 Yang Menghebohkan

Diposting pada

Setelah enam hari menyelenggarakan event fashion terbesar se-Asia Tenggara, Jakarta Fashion Week (JFW) 2019 mempersiapkan penutupan program dengan mempersembahkan rancangan para desainer ternama di Indonesia yaitu Sejauh Mata Memandang by Chitra Subiyakto, Byo by Tommy Ambiyo Tedji, Sean Sheila by Sheila Agatha dan Sean Loh, serta Rinaldi A. Yunardi yang acaranya berlangsung di Senayan City, Jakarta Pusat.

Dalam penutupan perhelatan JFW 2019 ini, tidak hanya perancang busana saja yang mempersembahkan karyanya namun perancang aksesoris mirip Rinaldi A. Yunardi juga turut berpartisipasi dalam program ini. Bagi Dewi Fashion Knight (DFK) pemilihan designer untuk membawakan tema ‘HEROES’ ini tidak main-main, banyak aspek dan perspektif yang harus di pertimbangkan. Setelah melakukan kurasi internal, pengamatan karya, pengamatan bisnis dan presentasi alhasil terpilih lah 3 designer yang bisa membawakan tema ‘HEROES’ sesuai dengan penggambaran dari masing – masing designer. Untuk Rinaldi A. Yunardi, DFK mengundang secara khusus untuk bisa mempersembahkan karyanya di penutupan JFW 2019.

“Tema ‘HEROES’ sendiri dipilih alasannya di dalam kondisi dunia dikala ini yang cukup bergejolak, mungkin diperlukan sosok “satria” yang mampu menciptakan dunia terasa lebih layak dan semoga kita tidak kehilangan impian dalam hal kemanusiaan,” Ucap Margaretha Untoro, Editor in Chief Dewi Magazine. Berikut yakni rancangan – rancangan dari para designer yang menghebohkan panggung penutupan JFW 2019:

1. Sejauh Mata Memandang By Chitra Subiyakto

Chitra Subiyakto dalam mengangkat tema HEROES di JFW 2019 ini, dia terinspirasi dari ibu – ibu pengrajin dan cerita dongeng klasik Indonesia yang sudah mulai terlupakan ialah Timun Emas. Ibu – ibu pengrajin sangat berjasa dalam memproduksi karya Indonesia terutama wacana warisan budaya dan Timun Emas ialah penggambaran wanita yang elok, cerdas, dan pantang mengalah. Menurutnya kedua hal tersebut merupakan heroes yang bisa diangkat kedalam rancangannya di penutupan JFW 2019.

2. Byo By Tommy Ambiyo Tedji

Menurut Byo, heroes yaitu Orang renta terutama Ibu, keluarga, dan teman terdekat. Byo sendiri mewakili jiwa muda yang kreatif yang menggabungkan antara penemuan teknologi, kreativitas, dan seni dalam kemasan karya terkini. Dedikasi karya Byo merepresentasikan beberapa corak khas Sumatera yang diolah menjadi karya modern sesuai abjad serta material gres

3. Sean Sheila by Sheila Agatha dan sean Loh

Sean Sheila merupakan designer yang mempunyai idealisme tinggi terkait pandangan kritis terhadap lingkungan sekitar. Fotografer Chris Jordan yakni salah satu heroes atau pendekar lingkungan yang menginspirasi mereka dalam membuat rancangan busana kali ini. Material dan obyek tidak biasa di perlihatkan dalam fashion show penutupan JFW 2019.

4. Rinaldi A. Yunardi

Sebagai designer aksesoris satu-satunya di peragaan penutupan JFW 2019 ini, Rinaldi menggambarkan heroes menurut pandangannya. Heroes yang menginspirasi Rinaldi adalah sosok perempuan dan karyanya pun ditujukan untuk perempuan, dengan mengerucutkan menjadi tema The Faces. Koleksi aksesoris ini menggambarkan bagaimana bermacam-macam jenis wajah insan dengan karakternya masing – masing dan bersama – sama menjadi heroes.

(Meity