Cara Menjadi Pemimpin Yang Baik, Bijaksana & Disegani

Diposting pada

Bagaimana cara menjadi pemimpin ?

 

Menjadi pemimpin yang baik, bijaksana dan disegani yaitu harapan setiap orang yang memiliki posisi kekuasaan entah itu di kantor, organisasi ataupun di suatu komunitas.

 

Dalam memimpin ada beberapa tipe berdasarkan orang yang dipimpin, yakni: Pemimpin yang bahagia berinteraksi dan bergaul akan cocok diterapkan untuk tipe orang yang mempunyai kreatifitas mirip pekerja desain atau seni.

 

Pemimpin yang tegas, disiplin dan sewenang-wenang akan cocok untuk memimpin militer ataupun menjadi atasan orang-orang yang jenjang pendidikannya rendah mirip di pabrik. Sementara pimpinan yang mengayomi cocok untuk sebuah organisasi kepemudaan, agama ataupun sosial.

 

Meskipun ada macam-macam tipe pemimpin; ada beberapa hal yg perlu dilakukan oleh setiap orang supaya dapat menjadi pemimpin yang baik & disegani. Simak tips dari Tips dan Trik berikut.

 

Cara menjadi pemimpin yang baik bijaksana dan disegani

 

1. Beri pola

 

Pemimpin yang baik tidak hanya sekedar memberi perintah dan larangan tetapi juga harus memberi contoh. Jika kamu ingin anak buah disiplin dan bekerja keras maka lakukan juga hal yang sama.

 

2. Komunikasi yang baik

 

Pemimpin harus mampu berkomunikasi secara tepat, mudah dimengerti, terang dan tidak menawarkan pengertian yang ambigu (mampu diartikan berbeda).

 

tips menjadi pemimpin

 

3. Bertanggung jawab

 

Pemimpin yang bijaksana harus mau menanggung kesalahan yang dilakukan oleh bawahannya dan tidak cuci tangan, karena adalah tanggung jawab Anda juga, jadi jangan cuci tangan jika ada hal kesalahan.

 

 4. Jangan jatuh cinta dengan bawahan

 

Jika Anda menjadi seorang pemimpin di kantor, sebaiknya korelasi asmara dengan bawahan eksklusif tidak dilakukan. Alasannya ialah kalau terjadi persoalan internal dengan orang yg dicintai maka akan sulit berpikir rasional.

 

5. Kuasai bidang pekerjaan

 

Pemimpin yg baik harus mengerti secara global apa saja pekerjaan anak buah, tidak perlu mengetahui secara mendetail – tapi jangan hingga Anda tidak tau sama sekali dan bisa dibego-begoin oleh anak buah.

 

6. Amati mood dan ketahui dinamika yang sedang terjadi

 

Pemimpin yang mengayomi harus mengetahui insiden, duduk perkara, info dan omongan yg beredar diantara bawahan. Lakukan tindakan yang dianggap perlu sehingga suasana kerja tetap kondusif.

 

7. Pertimbangkan keputusan yang akan diambil

 

Pertimbangkan baik buruknya suatu keputusan sebelum diambil. Pikirkan apa laba dan resiko yg akan diterima, serta jangan takut untuk meminta pendapat dari bawahan.

 

8. Konsisten &  mampu dipegang omongannya

 

Pemimpin yang disegani & dihormati harus konsisten dalam mengambil keputusan. Kalau kau menghukum seseorang karena berbuat salah, kau harus menawarkan eksekusi yang sama secara adil jika diulangi oleh orang lain. Selain itu jikalau kau sudah mengeluarkan peraturan / larangan jangan berubah-rubah tergantung kondisi dan pelakunya.

 

9. Belajar bahasa tubuh

 

Ketahui bahasa badan orang secara umum. Dengan begitu kamu akan tau caranya bersikap ketika sedang berhadapan dengan orang lain, apakah mereka sedang berbohong, merasa tidak nyaman, murung, atau marah.

 

10. Reward and Punishment

 

Pemimpin yang bijaksana menawarkan penghargaan kepada yang berprestasi dan hukuman kepada yang bersalah secara adil agar bawahan Anda tetap bekerja secara efektif.