Biar Tak Salah Eja, 6 Bidang Seorang Ahli Kedokteran Ini Harus Kau Baca Dengan Teliti

Diposting pada

Menjadi dokter memang menjadi impian sebagian orang. Dokter pun terdiri dari berbabagi macam bidang dan seorang ahli. Ada yang mempelajari perihal jantung, otak, tulang, dan bahkan gigi sekalipun. Namun terkadang, cabang spesialis kedokteran memang ada yang sulit disebutkan alasannya adalah lebih sering memakai nama ilmiah. Apa saja itu? Yuk coba kita baca isu di bawah ini.

  • Spesialis Obstetri & Ginekologi (Sp.OG)

Istilah ini memang seringkali membingungkan bagi kaum awam. Dalam ilmu kedokteran, istilah ini dipakai untuk dokter yang mempelajari dan menangani kesehatan perempuan, atau seringkali dikenal sebagai dokter seorang ahli kebidanan dan penyakit kandungan.

  • Spesialis Maksilofasial (Sp.BM)

Spesialis ini biasanya menjadi satu dengan seorang ahli bedah lisan. Bedah ekspresi dan maksilofasial merupakan salah satu spesialis ilmu kedokteran gigi yang mempelajari perihal berbagai penatalaksanaan penyakit, kelainan dan kondisi jaringan lunak dan keras rongga mulut dan rahang yang mungkin memerlukan pembedahan.

  • Spesialis Medikolegal (Sp.F)

Spesialis Medikolegal dan Forensik ini menawarkan pelayanan kedokteran bagi kepentingan para penegak hukum. Biasanya ialah untuk menyelidiki korban hidup dengan luka dan atau adanya keterlibatan racun (Forensik Klinik). Ada pula investigasi korban mati untuk melakukan determinasi wajar atau tidak masuk akal (Forensik Patologi).

  • Spesialis Periodonsia (Sp.Perio)

Spesialis Periodonsia merupakan seorang ahli lanjutan dari gokter gigi umum. Ditempuh selama 5 semester, seorang SpPerio dapat melakukan perawatan jaringan pendukung gigi, mirip perawatan gusi berdarah, peradangan gusi, penurunan gusi, gigi giyang, pembasmian karang gigi, dan lain sebagainya.

  • Spesialis Prostodonsia (Sp.Pros)

Salah satu cabang kedokteran gigi kali ini mempelajari perihal penggunaan prosthesis gigi. Spesialis ini mencakup diagnosis, pengobatan dan rehabilitasi gangguan gigi (gigi lepas, gigi rusak parah, dan perawatan prosthesis gigi).

  • Spesialis Bedah Orthopaedi dan Traumatologi (Sp.OT)

Dibaca orthopedi, cabang ilmu kedokteran ini mempelajari perihal cedera akut, kronis, dan stress berat, serta gangguan sistem musculoskeletal. Biasanya dokter bedah orthopaedi dapat menyelidiki penyakit artitis, trauma, dan kongenital menggunakan alat bedan dan non bedah.

Itu tadi beberapa nama spesialis kedokteran yang memerlukan usaha ekstra untuk menyebutannya. Kalian yang ingin menjadi dokter seorang ahli, sudah siap berhadapan dengan nema-nama tersebut belum nih?

(Sanchia