mouse bluetooth

Begini Cara Mengatasi Receiver Mouse Wireless yang Hilang

Diposting pada

Alat tetikus atau yang biasa disebut mouse menjadi alat penunjang yang cukup krusial untuk sisi produktivitas. Bahkan untuk Anda yang sudah terbiasa memakai trackpad pun sebaiknya menggunakan mouse agar terlihat lebih profesional dan serius dalam bekerja.

Lagipula, Anda bisa memilih varian mouse nirkabel supaya lebih menghemat banyak ruang pada tas Anda. Umumnya, wireless mouse menggunakan dongle yang harus dicolokkan ke laptop atau PC melalui USB. Dongle ini berperan sebagai receiver agar mouse tetap dapat mengirimkan perintah ke PC tanpa perlu bantuan kabel.

Nah, karena dongle ini memiliki ukuran yang sangat kecil, tidak heran jika banyak orang sering menghilangkan barang ini. Wah, bisa-bisa mouse tidak dapat digunakan lagi. Tapi tunggu dulu, pada beberapa kasus, Anda masih bisa menggunakan mouse walau tanpa receiver, lho! Kok bisa? Simak cara mengatasi receiver mouse wireless yang hilang berikut ini.

Cara Mengatasi Receiver Mouse Wireless yang Hilang

Jangan langsung panik, siapa tahu mouse wireless yang Anda miliki masih bisa digunakan sekalipun receiver atau dongle-nya hilang. Yuk simak cara-cara di bawah ini!

1. Sambungkan Mouse Wireless Melalui Bluetooth

Dengan teknologi yang semakin maju dengan pesat, beberapa vendor pembuat mouse wireless sudah memikirkan cara yang ampuh supaya konsumennya tidak kelimpungan saat receiver hilang. Ya, beberapa mouse sudah dibekali dengan dukungan Bluetooth sebagai metode tambahan untuk menyambungkan mouse ke PC.

Sebutan yang umum untuk mouse wireless semacam ini adalah Dual Mode, menawarkan koneksi Bluetooth 5.0 dan koneksi ke receiver dengan pita jaringan 2,4 GHz. Terkadang, mouse ini juga bisa dicas juga tanpa harus gonta-ganti baterai setiap kali habis. Cek pada kemasan apakah mouse wireless yang Anda miliki mendukung koneksi Bluetooth. Dengan begini, mouse tetap dapat digunakan tanpa harus menggunakan receiver.

2. Gunakan Logitech Unifying Receiver

logitech unifying receiver

Sebagai salah satu merk elektronik ternama di dunia, Logitech sudah selangkah lebih maju ketimbang kompetitornya. Pada produk Logitech tertentu, Anda akan menemukan logo berwarna oranye. Logo ini menandakan kalau perangkat tersebut mendukung Logitech Unifying Receiver.

Artinya, jika receiver hilang, Anda bisa membeli receiver yang baru dari Logitech. Satu unit Unifying Receiver ini bisa menghubungkan hingga enam perangkat ke PC sekaligus. Tapi ingat, tidak semua perangkat mendukung fitur ini. Pastikan produk Logitech Anda memiliki logo Unifying sebagai penanda bahwa mouse tersebut memang kompatibel.

3. Colokkan Kabel ke Mouse

razer lancehead

Tidak hanya Logitech yang punya cara supaya mouse wireless tetap dapat digunakan meskipun receiver-nya hilang. Mouse wireless gaming dari Razer bernama Razer Lancehead contohnya, bisa disambungkan dengan kabel untuk menjadi wired mouse biasa.

Biasanya cara ini dilakukan untuk meningkatkan kecepatan responsivitas yang lebih tinggi ketimbang tanpa kabel, tapi bisa juga dipakai saat receiver Anda hilang. Kombinasi antara wired dan wireless ini sungguh terbilang inovasi yang unik, menawarkan fleksibilitas yang tinggi serta cara alternatif di kala ingin tetap menggunakan mouse saat sisa baterai tinggal sedikit.

4. Gunakan Mouse Cadangan

mouse cadangan

Kalau Anda merupakan seorang tech savvy yang suka membeli peralatan gadget baru, besar kemungkinan Anda memiliki satu mouse lagi selain dari yang biasa Anda pakai.

Pasalnya, setiap jenis mouse punya keunggulan yang berbeda-beda, ada yang mendukung rentang DPI yang luas agar lebih presisi atau lebih cepat menggerakkan cursor, ada juga mouse makro yang punya banyak tombol, dan sebagainya.

Jadi, memang tidak heran jika masyarakat memiliki dua atau bahkan tiga mouse untuk tujuan yang terpisah. Jika memang punya mouse cadangan, Anda bisa menggunakannya hingga receiver yang hilang ditemukan kembali.

5. Beli yang Baru

mouse receiver hilang

Bagaimana jika mouse wireless yang dimiliki tidak kompatibel dengan Logitech Unifying Receiver, tidak bisa disambungkan dengan Bluetooth, dan tidak bisa pakai kabel? Nah, kalau memang tidak ada mouse cadangan yang bisa dipakai, mau tidak mau Anda harus membeli yang baru.

Ketahuilah apakah hilangnya receiver ini karena memang tidak sengaja atau apakah Anda memang cenderung sering menghilangkan benda sekecil itu. Jika memang tidak perlu wireless, sebaiknya kali ini beli mouse yang menggunakan kabel saja agar hal yang sama tidak terjadi lagi pada mouse yang baru.

Harus Diapakan Mouse yang Receiver-nya Hilang?

beli mouse baru

Kalau memang cara-cara yang telah kami berikan tadi tidak bisa dilakukan, mouse yang receiver-nya hilang kini sudah kehilangan fungsinya. Ya, mau tidak mau mouse tersebut sudah tidak dapat digunakan lagi dan memang sebaiknya dibuang saja atau dijual dengan harga murah di marketplace.

Pasalnya, jika mouse tidak kompatibel dengan Unifying Receiver, Anda tidak dapat membeli receiver lain secara terpisah. Bahkan jika Anda memiliki dua mouse yang tipenya sama, receiver yang dimiliki keduanya tidak dapat ditukar.

Masing-masing receiver memiliki frekuensi sinyal yang berbeda sekalipun punya tipe produk yang sama. Hal ini bertujuan supaya saat keduanya dipakai secara bersamaan oleh dua orang berbeda, kontrol terhadap mouse tidak akan saling tertukar. Alhasil, mouse wireless yang receiver-nya hilang memang kini tidak lebih dari seonggok sampah yang siap dibuang.

Simpulan

Nah itu tadi adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi receiver yang hilang pada mouse nirkabel. Memang merupakan sebuah hal yang harus dihindari, karena mouse wireless kebanyakan tidak memiliki Dual Mode ataupun bisa dicolokkan dengan kabel agar bisa menjadi wired mouse.

Sehingga, saat receiver hilang, tidak banyak yang bisa dilakukan kecuali membeli yang baru atau menggunakan mouse cadangan. Mouse wireless memang banyak memiliki keunggulan. Salah satunya adalah bisa dibawa ke mana-mana tanpa memakan ruang yang banyak.

Selain itu, jarak antar receiver dengan mouse cukup luas dan bisa digunakan sebagai remote saat presentasi. Masalahnya, Anda pun harus mengupayakan jangan sampai receiver-nya hilang. Dan, mouse wireless juga harus dicas atau diganti baterainya secara berkala.

Sebaiknya jika Anda ingin membeli mouse wireless, pilihlah yang Dual Mode supaya saat receiver-nya hilang, setidaknya mouse masih bisa digunakan melalui Bluetooth. Atau, gunakanlah mouse Logitech yang kompatibel dengan Unifying Receiver.

Semoga dengan membaca artikel kami, Anda tidak perlu lagi kebingungan saat receiver mouse Anda hilang. Jadi, cara apa yang Anda lakukan untuk mengatasi wireless mouse yang receiver-nya yang hilang?