10 Pilihan Daerah Wisata Di Indonesia Untuk Libur Tahun Baru

Diposting pada

Tahun baru identik dengan liburan. Banyak orang memilih untuk menghabiskan waktu bersama orang-orang tersayang. Entah itu pasangan, keluarga, atau kerabat akrab. Tentunya, untuk melepas lelah rutinitas selama 11 bulan ke belakang dan sebagai salah satu cara memperkuat rasa kekeluargaan satu sama lain.

Kamu udah ada planning ke mana? Kalau belum, Lifestyle kasih tau nih tempat-daerah wisata yang cocok buat kamu libur tahun baru! Keep scrolling, ya.

1. Danau Toba, Sumatera Utara

Danau Toba merupakan danau yang terletak di tengah Pulau Sumatera. Danau alami terbesar di Asia Tenggara dan Indonesia ini memberikan pemandangan menakjubkan bagi kamu yang ingin liburan tahun gres. Selain itu, Danau Toba juga mempunyai udara yang sejuk sehingga kamu mampu bersantai dan mencicipi ketenangan alam. Kamu juga akan dibentuk jatuh cinta dengan keramahan dan tradisi masyarakat orisinil Pulau Samosir.

2. Taman Nasional Gunung Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur

Taman Nasional Gunung Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur mampu menjadi salah satu pilihan bagi kau yang ingin menikmati liburan tahun baru. Kawasan taman nasional yang terletak di empat kabupaten di Jawa Timur ini mempunyai banyak sekali pilihan destinasi menarik, mirip Gunung Bromo dan Semeru, Lautan Pasir, Pantai Berbisik, Air Terjun Madakaripura, Ranu Pane, Ranu Kumbolo, dan lain-lain. Meskipun jalur yang di lalui ke daerah ini dapat dibilang cukup ekstrem, namun itu semua akan terbayar dengan keindahan alam.

3. Pantai Parai Tenggiri, Bangka Belitung

Bangka Belitung memang populer dengan keindahan Pantainya. Salah satunya adalah Pantai Parai Tenggiri yang dihiasi dengan kerikil-batu besar yang cantik. Berbeda dengan pantai lain pada umumnya, Pantai Parai Tenggiri mempunyai struktur pantai yang landai dengan air maritim berwarna hijau toska dan pasir putih. Ombaknya yang hening juga bisa menjadi alasan para wisatawan untuk berenang, memancing, snorkeling, dan aktivitas lainnya.

4. Kawah Putih, Jawa Barat

Salah satu tempat wisata yang paling terkenal di Bumi Pasundan adalah Kawah Putih. Kawah Putih berlokasi di Ciwidey, Jawa Barat, kurang lebih sekitar 50 KM arah selatan Kota Bandung. Kawah Putih merupakan danau yang terbentuk akibat dari pencampuran unsur welirang. Tanahnya yang berwarna putih dan air danau yang bisa berubah sesuai kadar belerang, suhu, dan cuaca ini menjadi tempat indah buat kamu yang suka foto-foto. Ketika mengunjungi Kawah Putih, jangan lupa untuk bawa jaket, ya! Karena berada di daerah pegunungan dengan ketinggian lebih dari 2.400 mdpl sehingga suhunya bisa mencapai 8 derajat.

5. Candi Muaro, Jambi

Tanah Jambi juga mempunyai kompleks candi Hindu-Buddha terbesar di Indonesia, adalah Candi Muaro Jambi. Candi ini merupakan perpaduan peninggalan Kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan Melayu yang sudah ada sejak kurun 11 Masehi. Tempatnya menarik dan kaya nilai sejarah ini mampu menjasi salah satu tempat liburan final tahun.

6. Gili Trawangan, Nusa Tenggara Barat

Gili Trawangan menjadi destinasi favorit wisatawan mancanegara. Karena konsepnya yang sangat internasional, mirip Pantai di Hawaii dengan cafe-cafe di pinggir pantai menjadikan banyak turis abnormal yang memilih Gili Trawangan menjadi pilihan untuk menikmati liburan. Khusus bagi kau pecinta kucing, di Gili Trawangan banyak kucing, lho. Penduduk sana sangat menghargai makhluk hidup sehingga, kucing dibiarkan berkembang biak dan tak akan dibunuh.

7. Sandat Glamping Tents, Bali

Glamour camping atau yang biasa disebut dengan Glamping telah menjasi tren liburan di kalangan para wisatawan. Sandat Glamping Tents, Bali memperlihatkan glamping paling modern dengan daerah indah yang dikelilingi sawah hijau dan bangunan mewah. Tempat ini bisa menjadi pilihan yang menawarkan pengalaman menginap yang tak terlupakan.

8. Tebing Breksi, Yogyakarta

Spot wisata yang satu ini ialah salah satu alternatif berlibur yang mampu dinikmati wisatawan. Tebing Breksi adalah rangkaian tebing tinggi yang tersusun dari material kapur. Kawasan ini pada mulanya merupakan daerah penambangan batu breksi tradisional yang dilakukan masyarakat setempat. Tebing Breksi menjadi kawasan yang cocok untuk melihat indahnya kembang api dikala malam tahun gres, lho. Langit malam dengan kembang api menjadi keindahan pergantian tahun yang wajib buat kau saksikan bersama orang tersayang.

9. Surabaya, Jawa Timur

Kota Surabaya juga mampu menjadi tempat berlibur ketika perayaan tahun baru kamu nanti! Di sepanjang Jalan Tunjungan, Surabaya biasanya akan mengadakan Car Free Night dengan aneka macam pentas, masakan, dan festival kreasi anak muda ketika malam pergantian tahun.

10. Labuan Bajo, Flores

Labuan Bajo, Flores populer dengan Taman Nasional Komodo. Namun, tak hanya itu saja, lho. Ternyata, masih ada banyak tempat wisata menarik di sana. Wisatawan akan mendapat paket lengkap, mulai dari pemandangan atas bukit mengagumkan hingga dengan wisata maritim. Misalnya Pulau Padar, Pink Beach, Manta Point, dan lainnya.

Itulah rekomendasi 10 daerah wisata di Indonesia yang mampu kamu jadikan acuan dalam rencana liburan tahun gres. Jadi, kamu pilih yang mana?

(Amel, foto: Pinterest, glampingsandat.com)