10 Langkah Perawatan Wajah A La Wanita Korea

Diposting pada

Publik nampaknya sudah tidak abnormal dengan hal-hal yang berbau Korea, ya. Negara gingseng ini memang populer di bidang musiknya yakni K-Pop. Tak hanya itu, gaya hidup para wanita Korea pun menjadi sorotan banyak pihak dan mempertanyakan bagaimana mereka menjaga kecantikan kulit wajahnya. Selain dikenal dengan riasan naturalnya, perempuan Korea juga diketahui memberi perawatan ekstra untuk kulitnya. Kamu mau tau gak sih, bagaimana rahasia kulit elok, glowing, dan infinit muda a la wanita Korea? Yuk, simak 10 langkah perawatan kulit wajah mereka di bawah ini:

1. Cleanser

Tahap ini merupakan perawatan awal yang berkhasiat mengangkat sisa-sisa make up dan kotoran di wajah sehabis beraktivitas seharian. Pembersih wajah/cleanser yang digunakan pun bervariasi, ada yang berbahan dasar minyak atau cleansing oil, memakai cleansing wipes, atau dengan cleansing cream.

2. Face Wash

Setelah membersihkan wajah dengan cleanser tadi, tahap berikutnya yaitu memakai pembersih wajah biasa. Hal ini dilakukan untuk membersihkan kotoran hingga ke pori-pori. Biasanya produk ini berbentuk sabun basuh muka biasa, entah foam ataupun cream. Biasanya, wanita Korea lebih memilih pembersih wajah yang berbahan dasar air alasannya dinilai tak hanya membersihkan wajah secara ringan juga menjadikan kulit wajah tetap lembab.

3. Exfoliation

Bagi kau yang sering memakai riasan cukup berat atau selalu terpapar sinar matahari pribadi, eksfoliasi merupakan bab penting. Eksfoliasi ini berguna untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang ada di wajah. Kamu cukup melakukannya dua kali seminggu. Biasanya, eksfoliasi yang dipakai oleh orang Korea, akan berbentuk chemical exfoliate, alias cairan kimia. Di Indonesia kamu mampu menggunakan cream peeling yang dijual beberapa merk lokal.

4. Toner

Sebelum menggunakan produk perawatan wajah selanjutnya, alangkah baiknya menggunakan toner. Toner berfungsi untuk menyeimbangkan pH kulit wajah sehingga nantinya produk kecantikan kau dapat menyerap maksimal dan menunjukkan efek kesejukan di kulit. Biasanya, para perempuan Korea gemar memakai toner dengan menuangkan produk pada telapak tangan lalu menepuk-nepuknya ke seluruh kulit wajah, atau ada juga memakai aplikator mirip kapas.

5. Serum

Serum memiliki konsentrasi kandungan aktif yang lebih tinggi sehingga ampuh untuk merawat kulit mirip anti aging atau kulit berjerawat. Tekstur serum umumnya ringan dan mudah menyerap ke dalam kulit. Dalam penggunaannya, kamu cukup menuangkan 1 – 3 tetes pada telapak tangan lalu ratakan ke seluruh wajah. Jangan lupa untuk cermat dalam menentukan serum sesuai kebutuhan kulit kau, ya!

6. Essence

Berbeda dengan serum, essence membantu hidrasi kulit, penyembuhan dan pertukaran sel. Sehingga, kulit kamu bisa memproduksi sel kulit baru secara rutin. Bila dibandingkan dengan serum, essence umumnya memiliki konsentrasi yang lebih ringan dan sedikit lebih kental, namun tidak sekental krim pelembap.

7. Sheet Mask

Di industri kecantikan Korea, penggunaan sheet mask menjadi hal lumrah berbagai kalangan. Kaprikornus, jangan heran bila kau banyak menemukan brand perawatan kulit yang mengeluarkan berbagai macam produk sheet mask. Baik wanita maupun laki-laki rutin menggunakan sheet mask, bahkan hampir setiap hari! Mereka meluangkan waktu setiap 15-20 menit pada pagi ataupun malam hari. Sheet mask termasuk sebagai salah satu rutinitas penting alasannya adalah punya banyak essence yang bisa memberi kelembapan ekstra pada kulit. Kulit terasa lebih basah dan kenyal dengan pemakaian rutin.

8. Eye Cream

Kulit sekitar mata merupakan tempat yang paling sensitif, maka kamu perlu memberikan perhatian ekstra. Kamu bisa memakai eye cream secara rutin untuk terhindar dari dark circles atau kerutan di sekitar mata. Cara mengaplikasikannya cukup dengan menepuk-nepuk pelan kulit sekita mata dengan jari elok.

9. Moisturizer

Moisturizer juga penting untuk menjaga kelembapan kulit. Kamu harus rutin memakai moisturizer dikala pagi dan malam hari. Gunakan moistutizer mulai dari bagian wajah sampai bagian kulit leher.

10. Sunscreen

Pasti kamu gak mau ya jika sembilan perawatan wajah yang sudah diterapkan menjadi sia-sia? untuk menghindari hal tersebut penting banget lho untuk menggunakan sunscreen. Bagi perempuan Korea, penggunaan sunscreen menjadi hal wajib ketika beraktivitas di dalam maupun luar ruangan setiap harinya. Penggunaan sunscreen secara rutin mampu berfungsi sebagai produk anti-aging alami pada wajah.

Nah, bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk melaksanakan perawatan wajah mirip perempuan Korea?

(Amel, foto: Pinterest)