carisinyal web banner retina

10 Game Bergaya FPS yang Bisa Dimainkan Secara Offline di PC

Diposting pada

Video game dengan mekanisme permainan first person shooter (FPS) selalu mendapat tempat di hati bagi para pemain sejati. Jenis permainan yang menggunakan gameplay tersebut biasanya mengusung genre horor, aksi, dan tembak menembak. Maka tak heran jika beberapa game FPS seperti Far Cry, Metro Exodus, Battlefield dan Resident Evil 7 cukup laris di industri gaming.

Platform PC menjadi salah satu basis konsol permainan yang mempunyai banyak daftar rilisan game berkonsep FPS. Semua game tersebut tentunya menawarkan jalan cerita dengan konflik yang seru dan unik. Agar semakin menarik, game FPS biasanya dapat dimainkan secara online maupun offline. Keduanya pun tetap memberikan pengalaman bermain yang menyenangkan dan menghibur.

Nah, bagi yang sedang mencari rekomendasi game FPS offline dari PC, di artikel ini Carisinyal akan memberikan daftar pilihannya untuk kalian. Yuk, langsung saja simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

1. Black Mesa (2020)

* sumber: store.steampowered.com

Game ini membawa pemain untuk berperan sebagai seorang ilmuwan fisika bernama Gordon Freeman yang bekerja di fasilitas penelitian Black Mesa. Ia mempunyai tugas untuk meneliti sampel anomali yang ada di dalam Anti-Mass Spectrometer. Namun, penelitian tersebut malah menghancurkan fasilitas dan menciptakan lubang dimensi yang dinamakan Xen, sehingga para alien menginvasi planet Bumi.

Untuk menghentikan serangan dari alien, Freeman mesti menyeberang ke dunia Xen dan menutup celah dimensi yang terbuka tersebut. Namun, ia terlebih dahulu mesti berhadapan dengan pasukan militer yang tengah membersihkan segala makhluk hidup yang ada di fasilitas, baik itu manusia maupun alien.

Pemain kemudian dapat membawa sejumlah senjata yang bisa ditemukan selama permainan. Masing-masing senjata tersebut mempunyai jumlah peluru yang sedikit, jadi pastikan untuk menggunakannya dengan tepat. Untuk bisa maju ke level selanjutnya, pemain nantinya akan dihadapkan dengan berbagai puzzle yang cukup rumit. Unduh gamenya di sini.

2. Half-Life: Alyx (2020)

Half-Life Alyx

* sumber: arstechnica.com

Selain mengusung permainan dengan sudut pandang orang pertama, game ini juga dimainkan lewat mekanisme virtual reality (VR). Di sini, pemain akan mengendalikan seorang peretas bernama Alyx Vance. Ia adalah seorang manusia yang berusaha melakukan perlawanan terhadap kekaisaran alien bernama Combine.

Pemain mempunyai misi untuk mengambil senjata super yang dimiliki oleh kekaisaran tersebut. Dalam game ini, pemain menggunakan VR untuk mendapatkan persediaan item, melempar objek hingga terlibat dalam pertempuran.

Half-Life: Alyx menambahkan unsur survival horor dalam permainannya. Maka dari itu, sepanjang game berjalan pemain tak jarang akan menemui momen-momen yang mengejutkan, eksplorasi ruangan, kumpulan puzzle rumit serta persediaan peluru yang sedikit. Unduh gamenya di sini.

3. Doom Eternal (2020)

Doom Eternal

* sumber: www.tweaktown.com

Planet Bumi kini tengah dikuasai oleh kekuatan iblis, dan sebagian besar populasi makhluk hidup telah musnah. Manusia yang masih selamat lalu bergabung ke dalam gerakan perlawanan yang disebut dengan Armored Response Coalition. Kelompok tersebut mempunyai tujuan untuk melawan invasi yang dilakukan oleh para iblis.

Pemain selanjutnya berperan sebagai Doom Slayer, ia adalah seorang prajurit kuno yang bertugas untuk menghancurkan kekuatan iblis neraka. Sepanjang permainan, pemain dapat menggunakan beragam senjata api seperti, Shotgun, Heavy Cannon, Rocket Launcher, Plasma Rifle, BFG 9000 , dan Ballista.

Selain itu, pemain dibekali beberapa varian armor yang dapat menunjang selama berhadapan dengan musuh. Armor dari Doom Slayer bisa meluncurkan granat dan bom es yang sudah terpasang di bahu. Pemain juga dapat melempar Flame Belch yang dapat membakar musuh, dan mengambil item yang telah dijatuhkan oleh mereka. Unduh gamenya di sini.

4. Bulletstorm (2011)

Bulletstorm

* sumber: bulletstorm.com

Sebagai game yang berfokus pada pertempuran, permainan ini memiliki beragam senjata api, pistol meriam hingga granat. Setiap senjata mempunyai mode Alternate Fire yang dapat digunakan untuk menghancurkan hampir semua objek yang telah dikunci.

Selain itu, game ini juga menghadirkan fitur bernama Skillshot yang bisa memberikan penghargaan kepada pemain ketika berhasil membunuh lawan dengan cara paling destruktif dan kreatif. Poin bisa didapatkan saat pemain membunuh musuh di udara, memanfaatkan lingkungan permainan atau memaksimalkan penggunaan senjata yang berbeda.

Pemain di sini akan berperan sebagai seorang pasukan dalam kelompok tentara elit Konfederasi Planet bernama Grayson Hunt. Pemimpin kelompok tersebut, General Sarrano telah menjebaknya dengan menyuruhnya untuk membunuh orang-orang yang tidak bersalah. Ia merasa dikhianati lalu melarikan diri dari kejaran pasukan Sarrano dan bertransformasi menjadi seorang perompak luar angkasa. Unduh gamenya di sini.

5. Far Cry New Dawn (2019)

Far Cry New Dawn

* sumber: www.gamereactor.asia

Game ini mempunyai latar waktu 17 tahun setelah kejadian yang ada di game sebelumnya, Far Cry 5. Diceritakan bahwa dunia telah runtuh akibat adanya sebuah bencana yang dinamakan The Collapse. Kini, para manusia yang selamat berusaha membangun kembali kehidupan di wilayah Hope County.

Karakter yang dapat dimainkan nantinya bisa diatur oleh pemain seperti jenis kelamin hingga ras. Fitur yang terdapat di game Far Cry 5 seperti Guns for Hire dan Fangs for Hire tetap dihadirkan dalam game ini. lewat fitur tersebut, pemain mampu merekrut manusia yang selamat dan hewan sebagai bala bantuan saat menghadapi pertempuran.

Di sepanjang permainan, pemain akan menemui beberapa karakter yang memiliki misi pribadi dengan latar belakang cerita yang variatif. Masing-masing dari mereka mempunyai keahlian yang dapat dimanfaatkan seperti kemampuan dalam memperbaiki senjata. Unduh gamenya di sini.

6. RAGE 2 (2019)

RAGE 2

* sumber: gamingbolt.com

Pemain akan mengontrol seorang ranger bernama Walker di sebuah dunia pasca bencana apokaliptik. Para pemain bisa menyesuaikan atribut dari karakter Walker, seperti jenis kelamin, keterampilan hingga pakaian. Karakter tersebut nantinya dapat menggunakan berbagai senjata api dan alat untuk bertarung melawan musuh.

Terdapat mode bernama Overdrive yang bisa digunakan oleh pemain untuk serangan agresif sehingga dapat mengalahkan musuh yang lebih banyak. Selain berfokus pada pertarungan jarak dekat, game ini menawarkan pertempuran kendaraan yang, mulai dari truk, kereta hingga gyrocopters. Kendaraan tersebut nantinya bisa digunakan oleh pemain untuk mengalahkan gerombolan musuh. Unduh gamenya di sini.

7. Bioshock Infinite (2013)

Bioshock Infinite

* sumber: www.newgamenetwork.com

Di tahun 1912, seorang mantan detektif bernama Booker DeWitt dikirim ke sebuah kota udara yang dikenal dengan sebutan Columbia. Ia pergi ke kota tersebut untuk menyelamatkan perempuan bernama Elizabeth yang telah ditahan di sana hampir sepanjang hidupnya.

Pemain kemudian akan bertindak sebagai Booker dan mengeksplorasi kota tersebut untuk menemukan Elizabeth. Saat pemain berhasil menyelamatkannya, permainan tidak lantas berakhir, dan itu justru menjadi awal dari segala konflik yang ada.

Di dalam game ini, pemain akan bertikai dengan faksi-faksi di Kota Columbia, termasuk kelompok elit yang menguasai kota tersebut. Pemain nantinya akan bekerja sama dengan Elizabeth yang ternyata mempunyai kekuatan misterius. Kemampuan dari Elizabeth bisa pemain gunakan untuk membantu melawan pasukan musuh yang menyerang. Unduh gamenya di sini.

8. Crysis 3 (2013)

Crysis 3

* sumber: www.gamereactor.eu

Mirip dengan permainan sebelumnya dalam seri game Crysis, para pemain akan berperan sebagai seorang pasukan dengan nama Prophet. Pemain akan berada di Kota New York untuk mengalahkan para ras alien tangguh yang dikenal dengan sebutan Ceph.

Sepanjang permainan, pemain dapat melakukan gerakan yang atraktif seperti meluncur, berlari, melompat dan berjongkok. Saat menghadapi musuh, pemain dapat mengalahkan mereka dengan menggunakan senjata atau busur panah, bahan peledak seperti granat dan C4, atau melakukan serangan jarak dekat.

Tingkat kecerdasan AI dalam game sudah diperbaharui sehingga musuh bereaksi lebih cepat terhadap serangan pemain. Para alien dapat berlindung ketika diserang, dan dapat menggunakan strategi untuk membantu dan mendukung satu sama lain terhadap serangan yang dilakukan oleh pemain. Unduh gamenya di sini.

9. Sniper: Ghost Warrior Contracts (2019)

Sniper Ghost Warrior Contracts

* sumber: www.mobygames.com

Diceritakan bahwa wilayah Siberia telah merdeka setelah perang dengan Rusia dan Mongolia. Sejak saat itu, Nergui Kurchatov menjadi Perdana Menteri dan mulai bertindak sebagai penguasa yang otoriter. Untuk menghadapi rezim yang korup dan penyelewengan kekuasaan, pihak oposisi membentuk pasukan bersenjata bernama Siberian Wolves.

Pemain yang berperan sebagai penembak jitu kemudian akan dikirim ke serangkaian tugas berbahaya. Misi utama dalam game ini yaitu melumpuhkan Perdana Menteri Siberia guna mengakhiri kekuasaan dari rezim Kurchatov. Sniper: Ghost Warrior Contracts menawarkan gameplay berbasis misi dengan lima peta permainan yang sangat luas, dan pemain akan dikontrak untuk menyelesaikan 25 misi utama. Unduh gamenya di sini.

10. Battlefield 1 (2016)

Battlefield 1

* sumber: wall.alphacoders.com

Game yang satu ini terinspirasi dari peristiwa bersejarah saat terjadinya Perang Dunia I. Nuansa klasik dan mencekam akan menjadi pengalaman yang seru saat bermain Battlefield 1. Di sini, pemain bisa menggunakan senjata yang digunakan saat perang tersebut, mulai dari bolt-action rifles, submachine guns, rifles automatic and semi-automatic, artillery, flamethrowers, dan mustard gas.

Selain itu, pemain juga dapat mengendalikan berbagai kendaraan lapis baja, termasuk tank, truk lapis baja, mobil, kapal torpedo, pesawat tempur dan pengebom, serta menunggangi kuda ke medan perang. Di berbagai kesempatan, pemain bisa melakukan pertarungan jarak dekat dengan menggunakan pedang, kayu berkawat paku, sekop dan alat-alat lainnya. Unduh gamenya di sini.

Itulah deretan game bergaya FPS yang bisa dimainkan secara offline di PC kesayangan kalian masing-masing. Meski tidak bisa berinteraksi bersama para pemain lain secara online, memainkan game di atas masih tetap seru karena menyajikan level kesulitan yang tidak mudah untuk ditaklukan. Maka dari itu, jangan lupa untuk mencoba memainkan gamenya ya!